MEDAN - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Relawan Barisan Ganjar Nusantara (Bagarnusa) menggaungkan gerakan bertema dari Sumatera Utara (Sumut) untuk Indonesia. Hal tersebut disampaikan Ketua Relawan Bagarnusa Sumut, Achmad Riza Siregar pada Kamis, (21/9/2023).
 
"Relawan Bagarnusa Sumut mengusung gerakan dari Sumut untuk Indonesia bukanlah tema yang muluk-muluk," ujar Achmad Riza Siregar.
 
Dijelaskannya, Bagarnusa Sumut bertekad menyumbang perolehan suara terbesar kepada Ganjar di luar Pulau Jawa dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Pebruari 2024 mendatang.
 
"Caranya, Bagarnusa terus akan menyampaikan program-program kerakyatan Ganjar Pranowo di tengah-tengah masyarakat, terkhsus di Sumut," jelas Achmad Riza Siregar.
 
Untuk Sumut sendiri, Riza menerangkan, sedikitanya ada sejumlah persoalan masyarakat yang akan dituntaskan bilamana Ganjar Pranowo terpilih menjadi presiden pada Pilres 2024 mendatang.
 
"Pertama, konflik agraria. Itu salah satu yang akan dituntaskan oleh Ganjar. Maka, kita terus menyosialisasikan program-program penuntasan konflik itu," terang eks Rektor Univeristas Islam Sumatera Utara (UISU) ini. 
 
Disebutkannya, sejumlah persoalan itu antara lain konflik agraria antara PTPN dengan masyarakat dan TNI-AU Lanud Soewondo dengan masyarakat Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia penghuni lahan seluas 260 hektar.
 
Kemudian, pemberdayaan ekonomi umat juga menjadi salah satu konsentrasi Ganjar Pranowo jika terpilih menjadi presiden.
 
"Secara teknis tidak bisa kita jelaskan di sini. Namun, jika ingin berdiskusi secara mendalam perihal program-program Ganjar itu, kita membuka pintu bagi masyarakat untuk hadir di Sekretariat kita, Jalan Sidorukun No.149-A Kelurahan Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumut," sebutnya.
 
Karena itu, ungkapnya, DPW Bagarnusa Sumut juga telah membuka posko pengaduan yang tujuannya untuk menginventarisasi persoalan-persoalan masyarakat di Sumut.
 
"Kemudian, permasalahan-permasalahan yang telah kita inventarisir ini akan disampaikan langsung kepada Ganjar Pranowo untuk segera dicarikan solusi terbaik yang permanen," ungkapnya. 
 
Satu hal yang tak kalah pentingnya, kata Riza, DPW Bagarnusa Sumut akan membantu penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024.
 
"Kita akan membantu penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. Sehingga, partisipasi pemilih akan meningkat dibanding pemilu-pemilu sebelumnya," pungkasnya. 
 
Sebelumnya, Relawan Bagarnusa Sumut resmi mendeklarasikan diri untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI untuk periode 2024-2029 pada hari Jumat, 15 September di Le Polonia Hotel, Jalan Jendral Sudirman Medan.
 
Deklarasi itu dihadiri oleh pengurus serta fungionaris partai pendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden.