ASAHAN -Tim Observasi Lapangan Daerah Pilot Project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat mengunjungi Desa Piasa Ulu, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan, Selasa (19/9/2023). Dalam kesempatan ini, Bupati Asahan, melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono menyebutkan, kehadiran tim ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan semangat membangun desa dan mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Asahan, masyarakat sejahtera yang religius dan berkarakter.
 
Menurutnya, kunjungan ini secara langsung mengukur kegiatan TP PKK Asahan dalam pelaksanaan 10 program PKK yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, terutama dalam bidang kesehatan dengan sasarannya adalah kesehatan ibu dan anak di desa.
 
"Hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan dan kemampuan tim penggerak PKK dalam melaksanakan tugas di tengah masyarakat," ujarnya.
 
Sementara, Ketua Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Pusat, Ny Satriati safrizal mengatakan, observasi dilakukan untuk memastikan apa yang sudah divalidasi dan diwawancara sama dengan di lapangan. Khususnya dalam hal kesehatan, lingkungan dan perencanaan. 
 
"Kami akan melakukan penilaian dengan cukup objektif," tegasnya.
 
Diungkapkannya, kegiatan ini bertujuan menggerakkan dan mengedukasi masyarakat mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dengan kualitas lingkungan yang baik dan perencanaan berkualitas. 
 
"Kader PKK adalah ujung tombak dalam pelaksana program gerakan PKK keluarga sehat gagah bencana," tuturnya.
 
Suasana dalam pilot project ini, para kader PKK terlihat sangat semangat dari mulai penyampaian ekspos oleh Ketua TP - PKK Desa Piasa Ulu Iriani dan Ketua TP - PKK Kecamatan Setia Janji Rani Saftareynadan Ketua TP - PKK Kabupaten Asahan.
 
Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian bingkisan serta makanan tambahan kepada ibu dan bayi secara simbolis.