INHU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Inhu bersilaturahmi dan audiensi dengan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE, Selasa (19/9/2023). Didampingi Staf Ahli, Kepala Badan Kesbangpol Inhu serta Kepala OPD terkait, menerima terima kunjungan Bawaslu yang dipimpin Ketua Bawaslu Inhu, Dedi Risanto, di Kantor Bupati Inhu.
 
Dedi Risanto menyampaikan silaturahmi ini bertujuan agar sinergritas dan komunikasi yang baik dengan Pemkab Inhu dapat berjalan dengan aman dan lancar.
 
Dedi menyebutkan tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu dan Pilkada. Karenanya, Bawaslu berharap pemkab Inhu memberikan pencegahan agar tidak ada terjadi pelanggaran - pelanggaran pada tahun yang akan datang.
 
Menanggapi hal tersebut Bupati Inhu mengatakan perlu adanya sosialisasi yang masif agar proses Pemilu bisa berjalan sesuai peraturan. Sebab hal ini bisa menjadi bagian penting bagi ASN dalam pencegahan hal-hal kegiatan yang dilarang dalam Pemilu. 
 
 
Salah satu peran Pemerintah Daerah lanjutnya, meningkatkan dan mendukung Bawaslu dalam hal penyelenggaran Pemilu. Oleh karenanya, tahun lalu Pemerintah Kabupaten Inhu telah menandatangani komitmen fakta integritas netralitas ASN. Artinya ASN di Lingkungan pemkab Inhu tidak memihak kepada kepentingan siapapun.
 
"Semoga pada Pemilu dan Pilkada tahun depan tidak ada lagi kasus-kasus pelanggaran yang terjadi. Dan pelanggaran sekecil apapun yang terjadi akan segera ditindak lanjuti dan diberikan pengertian dan pengarahan agar tidak berdampak bagi para ASN dan bakal calon pemilu dan pilkada nantinya," ujar Rezita.
 
Ia berharap perlu adanya pengawasan yang akurat baik bagi ASN atau masyarakat agar tidak terjadi pelanggaran- pelanggaran yang tidak diinginkan, Sehingga proses pemilu dan pilkada tahun 2024 bisa berjalan aman dan lancar.