DELI SERDANG - Kegiatan bersih-bersih area pemakaman yang dilakukan sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) berdampak positif terhadap kaum muda. Kegiatan yang berlangsung di Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumut pada Selasa (19/9/2023) itu memicu Remaja Masjid Al Hakim untuk lebih bisa merawat nilai-nilai sosial di masyarakat.
 
Pasalnya dalam kegiatan itu Remaja Masjid bersama Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Hakim dilibatkan untuk membersihkan area pemakaman secara gotong royong. Sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia yang gemar melakukan kegiatan positif bersama-sama.
 
“Dengan hadirnya Ustadz Sahabat Ganjar Provinsi Sumatera Utara, kami jadi lebih terpicu dalam melakukan kegiatan gotong royong yang memiliki nilai-nilai sosial,” Ahmad Fauzan Nur selaku Ketua Remaja Masjid Al Hakim di lokasi.
 
Adapun nilai sosial yang didapat mereka dari kegiatan tersebut adalah menjaga kebersihan lingkungan dan bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan.
 
Dalam kegiatan tersebut, sukarelawan Usbat Ganjar Sumut gotong royong membersihkan area pemakaman bersama Remaja Masjid dan BKM Al Hakim, beserta puluhan warga Desa Kolam.
 
Mereka bekerja sama membersihkan area itu dengan antusiasme tinggi. Ada yang memotong rumput, mencabut tanaman liar, mencangkul rerumputan, hingga memungut sampah yang berserakan.
 
Fauzan berterima kasih kepada sukarelawan Usbat Ganjar Sumut yang telah mengajak para pemuda ikut dalam kegiatan positif ini.
 
Dengan adanya kegiatan tersebut, Fauzan menyebut pihaknya semakin terpacu untuk berkontribusi dan menebarkan dampak baik kepada lingkungan sekitar. Fauzan pun berharap Usbat Ganjar Sumut bisa menggelar kegiatan serupa.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ustadz Sahabat Ganjar. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan tidak hanya sekali, tapi sebulan sekali atau dua kali sebulan,” tuturnya.
 
Sementara itu, Koordinator Daerah (Korda) Usbat Ganjar Kabupaten Deli Serdang Ahmad Thalhah mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mengajak anak muda untuk turut serta dalam aksi sosial yang bermanfaat.
 
“Kami mengajak para remaja yang ada di Desa Kolam untuk bersinergi dengan para orang tua, para ustaz, dan dan masyarakat,” kata Ahmad.
 
Menurut Ahmad, kontribusi dan peran besar anak muda dapat dimulai secara bersama-sama melalui kepedulian mendasar terhadap lingkungan. Seperti lewat kegiatan bersih-bersih area pemakaman ini.
 
“Untuk ke depannya kami berharap remaja masjid ini dapat menjadi generasi penerus terbaik di Desa Kolam. Kami berharap remaja masjid ini dapat terus melanjutkan kegiatan ini ke depannya,” pungkasnya.
 
Selain membersihkan area pemakaman, Usbat Ganjar Sumut juga memberikan paket alat-alat kebersihan kepada Remaja Masjid dan BKM Al Hakim seperti sapu lidi, cangkul, serokan, dan tempat sampah. Alat-alat tersebut diharapkan semakin memacu semangat dan kepedulian terhadap lingkungan. (*)