MEDAN - Tim pelaksana pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Sumatera Utara, memasang instalasi lampu penerangan jalan umum di Desa Tuntungan II, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Pemasangan tersebut dilakukan
Tim pengabdian, Afifuddin Dalimunte, SP, MP dan Dr. Budi Utomo setelah melakukan investigasi dan inventarisasi kebutuhan warga desa.

Dalam siaran pers yang diterima, Senin (18/9/2023), Budi Utomo menyebutkan tim pengabdian menemukan menemukan di pemerintah desa warga mengeluhkan kurangnya penerangan jalan umum di dusun-dusun yang letaknya terpencil dan rawan tindak kejahatan.

Sehingga untuk dapat memenuhi kebutuhan ini pemerintah desa harus membuat anggaran terlebih dahulu atau mengusulkan kepada pemerintah daerah di tingkat yang lebih tinggi untuk dapat melakukan pemasangan lampu penerangan jalan umum.

Tingginya ancaman tindak kejahatan lanjutnya, mendesak pemerintah desa untuk dapat menjawab tantangan ini secara cepat yakni dengan memasang lampu-lampu jalan.

Terlebih di sana sudah beberapa kali terjadi tindak kejahatan penjambretan dan pencurian terutama pada malam hari. Sehingga menimbulkan rasa ketidak amanan bagi warga masyarakat desa.

"Permasalahan ini segera direspon oleh tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari LPPM USU untuk dapat menjawab permasalahan yang mendesak ini. Tim pengabdian kepada masyarakat USU segera menginvestigasi keberanaran informasi ini pada beberapa warga masyarakat. Setelah mendapatkan keluhan yang sama dari warga masyarakat maka Tim segera menggodok permasalahan di kampus USU," urainya.

Tim USU lanjutnya kemudian merancang kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan anggaran dana Non PNBP USU tahun 2023. Segala prosedur pelaksanaan dijabarkan serinci mungkin agar dalam pelaksanaan nantinya dapat berjalan lancer sesuai yang direncanakan.

Hingga lanjutnya, di Bulan September 2023 dilakukan pemasangan instalasi lampu penerangan jalan umum pada 4 dusun di desa ini yaitu Dusun 1, Dusun 2, Dusun 3 dan Dusun 4. Dengan iptek photocell switch listrik 220 V 10 A.

"Kini lampu penerangan jalan umum di wilayah ini telah terwujud. Masyarakat menyambut gembira kegiatan ini.

Sementara Desa Tuntungan II Kepala Desa Ir. Sutrisman mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Universitas Sumatera Utara khususnya Tim Pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah peduli dan dapat mengatasi permasalahan kamtibmas di desa ini.