SIBOLGA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sibolga, menyalurkan bantuan tahap kedua tahun 2023 ke penerima manfaat bergilir sebanyak 15 orang, Senin (18/9/2023). "Kegiatan hari ini bernama penyaluran daya zakat Baznas Kota Sibolga. Daya penggunaan zakat ini adalah program unggulan di bidang ekonomi, penyaluran dalam bentuk dana bergulir diberikan kepada pelaku usaha mikro, pedagang kaki lima untuk menambah dan mengembangkan usahanya," kata Ketua Baznas Kota Sibolga, Kamil Gulo.

Dihadapan Wali Kota Sibolga, Kamil menyebutkab dana bergulir yang diterima ini harus dikembalikan dalam bentuk cicilan sebesar dana yang diterima, tanpa ada bunga anggunan dan potongan apapun.

Kemudian dana bergulir yang dikembalikan, akan digulirkan kembali kepada warga lainnya. Sehingga manfaat zakat semakin luas dirasakan masyarakat.

"Penyaluran dana bergulir yang digelar pada hari ini, adalah penyaluran tahap kedua, karena tahap pertama sudah disalurkan pada bulan Januari yang lalu. Bersama Walikota Sibolga dengan pagu anggaran 200 juta rupiah," ujar Kamil. 

Diketahui penerima tahap kedua sebanyak 15 orang masing masing memperoleh 5 juta rupiah, dengan total 75 juta rupiah. Dengan jangka waktu pengembalian dana bergulir ini selama 52 Minggu.

"Pengembalian cicilan Rp 96 ribu per minggu, selama 52 minggu kedepan. Komitmen kami akan memberikan pelayanan yang maksimal dengan menugaskan petugas Baznas untuk menjemput ke penerima manfaat agar tidak terjadi kemacetan," ujarnya.

"Dana 75 juta rupiah yang disalurkan pada hari ini, adalah hasil cicilan dana bergulir tahap pertama periode Januari hingga Agustus ini, adalah potret tingkat kesadaran cukup baik," sambungnya.

Pihaknya berkeyakinan ini sangat membantu dalam perputaran perekonomian penerima manfaat. Kamil mengatakan atas izin Walikota Sibolga tahun 2024 akan ditambah pagu anggarannya sebesar Rp 100 juta.

Sehingga total dana bergulir nantinya sebesar Rp300 juta. Pastinya dengan anggaran yang tentu jumlah penerima bertambah dan pelaku usaha juga semakin banyak dan berkembang.

"Ke depan dana bergulir pun besarannya bisa bervariasi antara 5 sampai 10 juta rupiah. Berdasarkan hasil survei yang kita bentuk sehingga manfaat dan penggunaannya sesuai dan tepat sasaran," sebutnya.

Sementara Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan sangat mengapresiasi Baznas o program yang dilakukan sangat bermanfaat dengan masyarakat dan menyentuh langsung dengan pihak pelaku usaha mikro. 

"Jadi disini masyarakat tidak lagi takut untuk mengembalikan dana, karena dana yang dipinjamkan tersebut tidak berbunga. Dengan dana ini semoga bapak, ibu dapat menggunakannya dengan sebaik-baiknya karena akan menambah hasil perekonomian pedagang kecil di kota Sibolga," ucap Jamal.