LABUHANBATU - Personel Sat Lantas Polres Labuhanbatu mendatangi kantor-kantor pemerintah maupun swasta, Jumat (15/9/2023). Kehadiran personel untuk menyampaikan sosialisasi tertib berlalu lintas, sekaitan dengan pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023.

Selain sosialisasi ke sekolah-sekolah, penyuluhan keliling, penyebaran brosur dan sticker, pemasangan spanduk dan baliho, penindakan pelanggaran lalu lintas dengan tilang oleh Tim Khusus.

"Sat Lantas Polres Labuhanbatu juga mendatangi kantor-kantor baik pemerintahan maupun swasta dalam rangka menyampaikan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada Masyarakat Terorganisir," sebut Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, S.I.K., S.H., M.H., M.I.K., melalui Kasat Lantas AKP M. Ainul Yaqin, S.I.K., M.H.

Dalam sosialisasi ke kantor-kantor terhadap masyarakat teroeganisir, Sat Lantas Polres Labuhanbatu juga menyampaikan tujuan dari pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023, yaitu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas, menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas serta meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang Damai dan Bersih.

"Selain itu juga disampaikan 8 sasaran pelanggaran yang menjadi prioritas Ops Zebra Toba 2023 antara lain Pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan HP saat berkendara, Pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur (belum memiliki SIM), Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, Tidak menggunakan Helm SNI dan Safety belt, Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, Pengemudi melawan arus lalu lintas, Pengemudi kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan, dan Kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong," tambah Kasat Lantas.

Dengan adanya sosialisasi tertib berlalu lintas ini, diharapkan pesan-pesan tertib berlalu lintas yang disampaikan oleh petugas dapat disampaikan kembali kepada seluruh keluarga, tetangga dan seluruh kalangan masyarakat.

"Sehingga tujuan untuk meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dapat tercapai," tutupnya.