BATANGTORU - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, kembali mengadakan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis di rumah sakit  Bhayangkara Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara sebanyak 1000 peserta, Kamis (14/9/2023) siang. Direktur & CFO PT Agincourt Resources, Noviandri Hakim mengatakan, PTAR telah konsisten untuk melakukan operasi katarak bahwa program tersebut berjalan dari tahun 2011 lalu, kalau di total sudah 9 kali dilakukan. "Tahun ini sedikit besar kita menambahkan satu Kouta baru targetnya 1000 mata," kata Noviandri.

PTAR komitmen untuk membuat mata masyarakat agar tetap lebih sehat khususnya di wilayah Kecamatan Muara Batangtoru, Kecamatan Batangtoru, serta Tapanuli Selatan sekitarnya. "Jadi muara Batang Toru, batang toru target ada 550 mata, kemudian keseluruhan Tapanuli Selatan termasuk Sipirok target 600 mata," ucapnya.

Ditanya soal kenapa katarak menjadi opsi pertama PTAR, karena sementara masih banyak bantuan kesehatan yang lain. Noviandri katakan, karena katarak itu penyakit yang rentan menyerang manusia yang sehat dan produktif tidak pandang bulu apalagi setelah terkena penyakit tersebut si penderita pasti akan ketergantungan pada keluarganya.

"Harapan saya setelah dilakukannya operasi katarak ini, pasien dapat produktif kembali dan kalau bisa menjadi tulang punggung di keluarganya," pinta Noviandri.

General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis, menyatakan pihaknya akui banyak program kesehatan seperti mengadakan dokter spesialis di puskesmas di Batangtoru.

"Kenapa katarak jadi pilihan, karena katarak ini pasti terjadi dikalangan orang tua yang tinggal di desa. Penyakit lain itu belum tentu ada di desa, tapi kalau penyakit ini? Kemungkinan di setiap desa pasti ada mengidap dan bahkan sangat menggangu. Katarak ini tidak bisa diobati selain dioperasi," imbuh Rahmat.

Masih kata Rahmat, pihaknya komitmen melakukan pemeriksaan mata dan operasi katarak setiap tahunnya, karena penyakit katarak ini setiap tahunnya juga bertambah. Rahmat mengajak agar masyarakat tidak takut untuk dilakukan operasi apalagi untuk kesembuhan diri sendiri.

"Tentu kita tetap lakukan ditahun-tahun berikutnya. Kalau untuk anggaran operasi katarak tahun 2023 mencapai 2,5 miliar, kita berkolaborasi pada rumah sakit, yaitu RS Bhayangkara Batangtoru, RSUD Sipirok, RS Mata Pematang Siantar dan RS Mata Mencirim 77 Medan," timpalnya.

Salah satunya Halomoan Simanjuntak, warga Desa Sihuik-huik, Angkola Selatan, yang mengikuti operasi katarak Tambang Emas Martabe pada 2022. Pria berusia 43 tahun ini didera katarak di kedua matanya lebih dari 10 tahun. Karena itulah, kegiatan Halomoan terbatas. Ia hanya bisa membuka warung kecil berjualan kopi di sepetak lahan kontrak.

Hingga akhirnya ia mendapat informasi bahwa PTAR mengadakan operasi katarak tanpa dipungut biaya sepeser pun. Dengan antusias, ia menjalani operasi satu mata di RS Bhayangkara Batangtoru, berlanjut operasi mata sebelahnya di RS Mencirim 77 Medan.

“Setelah operasi itu, saya bisa melihat jelas. Senang sekali. Saya kemudian berdagang barang pecah belah ke desa-desa lain dengan menaiki motor. Uang yang saya dapat cukup, bisa menyekolahkan tiga anak saya,” ujar Halomoan.

Sejak 2011 hingga 2022, Operasi Katarak Gratis Tambang Emas Martabe telah menyembuhkan 9.259 mata katarak dan telah menyokong harapan hidup 7.955 orang. Angka ini akan terus bertambah hingga menembus 10.000 mata katarak jika kuota tahun ini terpenuhi.

Sementara dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Imam Zambroni mengutarakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PTAR, karena banyak orang tua terselamatkan akibat pengoperasian katarak gratis tersebut.

"Dalam kegiatan ini kelihatan bukan dampak untuk pribadi saja melainkan untuk dilingkungan sekitar. Bahwa harapan kami kedepan tidak berhenti di tahun ini saja, kita dorong momentum ini untuk bersama-sama semua pihak dan stekholder yang ada untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat," pungkasnya.

Diketahui Operasi Katarak Gratis 2023 Tambang Emas Martabe diadakan di RS Bhayangkara Batangtoru pada 10-11 September, 15-16 September, 22-23 September, dan 29-30 September. Lantas berlanjut ke RSUD Sipirok pada 11-12 Oktober 2023. Operasi katarak gratis juga akan diadakan di RS Mata Siantar pada 20-21 Oktober dan ditutup di RS Mata Mencirim 77 Medan pada 11-12 November.