PALAS - Personel Satuan Lalu Lintas Polres Padanglawas (Palas) melakukan penindakan tilang dan teguran 249 pengendara yang terjaring Operasi Zebra Toba 2023.


Memasuki 10 hari kegiatan Operasi Zebra Toba mulai 4 September sampai 13 September 2023 telah melakukan penindakan tilang dan teguran sebanyak 249 kendraan sepeda motor.

Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika melalui Kasat Lantas, Alfian Arbi, Rabu (13/9/2023) mengatakan, kegiatan Operasi Zebra Toba masih terus berlangsung dan akan berakhir 17 September 2023.

"Sampai saat ini telah dilakukan 249 penindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran di jalan raya,” ucap AKP Alfian Arbi.

Kasat Lantas menjelaskan, pelanggaran yang ditindak dengan tilang terdapat 75 pelanggar. Di mana, 52 pengendara sepeda bermotor yang tidak memakai helm, 2 pelanggar yang melawan arus, 17 pelanggar dengan knalpot brong dan 2 pelanggar yang berbonceng 3 serta terdapat 2 pelanggar yang ditilang tidak membawa SIM.

Kemudian, terdapat 174 teguran lisan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran. Diantaranya, pengendara yang tidak memakai helm 149 orang, seat belt 14 pelanggar dan 11 orang pelanggar yang melawan arus saat berkendara.

Alfian Arbi menambahkan, kepada pengendara khususnya masyarakat Palas agar lebih menaati dan mematuhi peraturan berlalu lintas demi keselamatan pengendara saat mengemudi kendraan di jalan raya.

“Kesadaran pengendara untuk tertib berlalulintas sangat penting dan jangan pada saat Operasi Zebra Toba 2023 ini saja,tetapi terus menjadi budaya untuk meningkatkan kepatuhan tertib berlalu lintas sesuai ketentuan dan aturan," pungkasnya.