PALAS - Dinas Sosial Kabupaten Padanglawas (Palas) bekerjasama dengan KCP BNI Sibuhuan menyalurkan bantuan program sosial untuk anak yatim piatu (Yapi) se Kabupaten Padanglawas (Palas). Bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Dinas Sosial Kabupaten Palas menyalurkan bantuan tersebut yang direncana tiga hari mulai 13- 15 September 2023 di halaman KCP BNI Sibuhuan.
 
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Palas, H. Achmad Fauzan Nasution, SQ, SHI, M.Pd didampingi Sekretaris, Mawardhani Daulay,SE, Rabu (3/9/2023) mengatakan bantuan sosial (Bansos) program Yapi ini dikucurkan Kemensos untuk anak yatim, piatu dan yatim piatu dengan nilai masing-masing penerima sebesar  Rp 200 ribu per orang.
 
"Untuk tahap pertama ini,bantuan program Yapi disalurkan ke 65 orang anak yatim,anak yatim piatu se Kabupaten Palas," terangnya.
 
Achmad Fauzan memastikan, bantuan dana Bansos dari Kemensos untuk anak-anak yatim dan yatim-piatu tersebut disalurkan sesuai jumlah perorang Rp 200 ribu perbulan tanpa  ada potongan apapun.
 
Bansos yang diberikan pemerintah pusat itu,lanjutnya, bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat, membantu kebutuhan biaya pendidikan anak-anak yatim dan yatim piatu di Kabupaten Palas.
 
Sebelumnya Kabid Sosial, Munawar Nasution didampingi Penyuluh Sosial, Nur Jamilah dan Pendamping Sosial, Munawir Sajali berharap, penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan dengan baik untuk keperluan  pendidikan dan kebutuhan yang bermanfaat.
 
Dikatakan, untuk anak yatin piatu yang putus sekolah atau pendidikannya tingkat SMP dan SMA akan difasilitasi untuk paket C dan B.
 
"Untuk hari ini yang menerima penyaluran bantuan program Yapi sebanyak 24 orang anak yatim yang didampingi walinya," ungkap Nur Jamilah.
 
Bantuan program Yapi ini,lanjutnya, untuk tahap pertama meliputi Kecamatan Barumun, Lubuk Barumun, Sosa, Sihapas Barumun, Batang Lubu Sutam dan Sosopan.
 
Salah satu penerima bantuan program Yapi, Nurasyiah Hasibuan, warga Desa Tanjung Botung, kelas XI SMKN 1 Barumun bersama adiknya, Siti Rahma Hasibuan(10) kelas V SD berterima kasih ke Dinas Sosial Palas.
 
"Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah mengelontorkan program bansos program Yapi bagi keluarga anak yatim dan yatim piatu yang sangat menbutuhkan perhatian," tuturnya.
 
Anak pasangan Almarhum Golomon Hasibuan dan Asnida telah meninggal beberapa tahun lalu meninggalkan lima orang anak yang saat ini diasuh oleh kakaknya. 
 
Salah satu anaknya,Rahma Hasibuan (10) dari Desa Tanjung Botung, Kecamatan Barumun menerima bantuan program Yapi selama 8 bulan sehingga total yang diterima Rp 1.600.000.
 
Sementara itu, Pimpinan KCP BNI Sibuhuan, Syaiful Irwansyah mengatakan, mudah-mudahan pemerintah melalui Kemensos bisa lebih percaya kepada BNI dalam penyaluran dana semua program bansos.
 
"Untuk proses penyaluran  bantuan program Yapi ini harus sesuai  ketentuan juklak, setiap penerima harus melampir berkas indentitas," terangnya.
 
Kata Syaiful, khusus anak dibawah  umur harus didampingi wali dengan dibuktikan melalui Kartu Keluarga (KK). 
 
"Jumlah penerima yang disalurkan hari ini sebanyak 24 orang dan akan berlanjut dua hari lagi sampai batas 15 September 2023," tambahnya.
 
Harapannya, pihak pemerintah bekerjasama dengan KCP BNI dalam penyaluran bantuan sosial, baik dari sisi bantuan sosial dan bisnis perbankan karena kita hadir untuk melayani nasabah yang ada," tutupnya.