PADANGSIDIMPUAN - Batalyon Infanteri 123/Rajawali melakukan penangrebekan dan mengamankan 28 orang yang diduga sedang asyik pesta narkoba, Selasa (11/9/2023) dini hari, di Desa Pudun Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Hal itu dibenarkan Komandan Yonif 123/RW Letkol Inf Emick Chandra Nasution.
 
"Benar, sebanyak 28 orang sudah kita amankan sedang pesta narkoba pada Selasa dini hari di Desa Pudun Jae," terang Letkol Inf Emick Chandra Nasution kepada wartawan.
 
Ia pun menjelaskan, saat ini seluruh yang diamankan masih berada di Markas Yonif 123/RW di Jalan HT Rizal Nurdin Kota Padangsidimpuan.
 
Dari keterangan, penangkapan para pelaku penyalahgunaan narkoba itu berawal dari informasi warga sekitar Asrama Yonif 123/RW yang berada di Padang Matinggi, bahwa ada tempat yang disinyalir menjadi tempat peredaran Narkoba.
 
Mendapat informasi itu, dipimpim Wadan Yonif 123/RW Mayor Inf Anotona Zebua, beserta personil TNI pun melakukan patroli ke lokasi yang dilaporkan. Dan mendapati
Lima warga yang tengah yang diduga mengonsumsi narkoba jenis sabu.
 
Oleh personil Yonif 123/RW itu, kelima warga itu kemudian diarahkan menunjukkan lokasi dan kelompok lainnya. Dan tak lama, juga ditemukan 23 orang lainnya sedang asyik mengkonsumsi narkoba di daerah yang sama.
 
Jadi total yang diamankan pasukan TNI itu seluruhnya berjumlah 28 orang. Selanjutnya digiring ke Markas Yonif 123/RW untuk dilakukan pendataan.
 
Adapun barang bukti yang berhasil  didapat di lokasi, yakni narkoba jenis sabu sabu dengan berat 4,66 gram, 1 buah timbangan elektronik, 10 buah bong (alat penghisap sabu-sabu), 1 bungkusan plastik sabu-sabu bentuk kemasan dan handphone sebanyak 25 unit.
 
"Saat ini, kelompok pemuda yang tertangkap tangan sudah kita amankan di Mayonif 123/RW, untuk diambil keterangan lebih lanjut," terang Letkol Inf Emick Chandra Nasution.
 
Untuk tindaklanjut, Letkol Inf Emick Chandra Nasution belum memberikan keterangan lebih jauh. Saat berita ini dikirimkan, perwira asal Mandailing itu tengah bertolak ke luar daerah.