PALAS - Tim Futsal SMA Negeri 1 Barumun meraih juara 1 Haornas ke 40  Tingkat Kabupaten Palas yang dilaksanakan Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata Kabupaten Palas.

Di final pertandingan futsal, Tim futsal dari Putra SMA  Negeri 1 Barumun berhasil menaklukan tim futsal SMK Negeri 1 Barumun dengan skor 1-0 sampai akhir pertandingan.
 
Kegiatan pertaneingan futsal  Haornas diikuti oleh pelajar SMP/MTs, SMA/SMK dan MA se Palas, Jumat (8/9/2023) di Gor Palas Bercahaya Sibuhuan.
 
Tim futsal putra dari SMK Negeri 1 Barumun mengakui keunggulan tim futsal dari SMA Negeri 1 Barumun yang cukup tangguh dan gesit dalam pertandingan.
 
Posisi juara 2 dari tim futsal  SMK Negeri 1 Barumun, juara 3 dari tim futsal Madrasah Darul Ada,alah Pasar Lating, Kecamatan Barumun dan juara 4 dari tim futsal MAN 2 Padanglawas.
 
Kadis Pemuda Olahraga dan Parawisata (Disporapar) Palas, M. Rasyidi Hasibuan, diwakili Sekretaris, Solahuddin Lubis, S.Pd mengatakan, olahraga pertandingan futsal antar pelajar se Palas ini sejalan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional ke 40.
 
"Kegiatan pertandingan futsal ini dilaksanakan untuk mengali potensi bakat dan minat pelajar dibidang olahraga futsal," katanya.
 
Menurut Solahuddin, talenta para pelajar di cabang olahraga futsal sangat cukup baik sehingga akan menjadi agenda tahunan disetiap Haornas tingkat Kabupaten Palas.
 
Senada dengan itu, Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Mhd Syafrihuddin Hasibuan S.Pd selaku Ketua Panitia kegiatan mengatakan ajang kejuaraaan futsal ini juga ssbagai seleksi bagi atlet futsal pelajar.
 
"Pelajar yang dinilai potensial, akan diseleksi untuk tim futsal Kabupaten Palas diajang kejuaraan tingkat Provinsi nantinya," terangnya.
 
Ditambahkan, pelajar yang memiliki potensi akan dibina untuk bergabung masuk tim futsal Kabupaten Palas mewakili daerah dalam setiap event kejuaraan.
 
Kepala Sekolah SMAN 1 Barumun, Ikhsanul Nasir Hasibuan mengaku, bangga atas keberhasilan tim futsal putra bina sekolah meraih prestasi juara 1.
 
“Prestasi ini sesuai target, karena pemain futsal memiliki kemampuan yang telah diakui dalam berbagai ajang di Kabupaten Palas maupun luar daerah," katanya, Sabtu (9/9/2023).
 
Menurutnya, kunci keberhasilan timmya adalah selalu kompak dan sudah terjalin sejak berlatih di sekolah dan diluar sekolah.
 
“Jadi kuncinya cuma satu, kekompakan antar pemain dan pelatihan yang disiplin akan meraih prestasi juara," tutupnya.