MEDAN - Kakanwil Kemenagsu, H.Ahmad Qosbi MM bersama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Erwin Pinayungan Dasopang, M.Si, Selasa (5/9/2023) mengapresiasi para siswa madrasah yang memberi dukungan kepada peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang berlangsung di Kendari Sulawesi Tenggara Tahun 2023. Hal itu disampaikannya, saat sejumlah madrasah menggelar doa bersama dan membaca surah Al Fatihah bersama.

"Semoga dukungan dan doa siswa madrasah menjadi motivasi tersendiri kepada para peserta asal Sumut," kata Kabid Penmad Erwin Pinayungan Dasopang.

Adapun madrasah yang melaksanakan doa dan dukungan untuk peserta KSM antaranya, yakni MAN 2 Deliserdang. Acara yang dimulai Kepala Tata Usaha MAN 2 Deli Serdang Ahmad Budiman,S.Sos,M.Pd dan dipandu Ustaz Tengku Abdul Hafiz,MA, tersebut diikuti seluruh Staf Tata Usaha MAN 2 Deli Serdang, guru serta seluruh siswa-siswi MAN 2 Deli Serdang.

"Tujuan kegiatan ini adalah bentuk ketidakmampuan kita, kita ini tidak mampu kalau tanpa Allah. Melalui doa dan membaca surah Al Fatihah bersama ini kita mengharapkan agar Allah SWT melancarkan segala rangkaian acara pelaksanaan KSM Tingkat Nasional tahun ini dan membawa keberhasilan para peserta khusus nya peserta Sumatera Utara," ujar Ahmad Budiman mengawali sambutannya.

Sementara Abdul Hafiz selaku pemandu doa juga mengungkapkan, agenda ini merupakan kegiatan bathiniyah, dengan memanjatkan doa agar pelaksanaan KSM Tingkat Nasional terlaksana dengan baik, aman, dan tentunya sesuai dengan harapan.

Ada juga MAN 1 Padangsidimpuan yang melaksanakan pembacaan Surah Al-Fatihah dilanjutkan dengan doa bersama yang digelar di Lapangan Madrasah. Kegiatan tersebut diikuti Ka.Ur.TU, WKM, Dewan Guru serta Seluruh Siswa MAN 1 Padangsidimpuan.

Dalam pelaksanaannya kegiatan pembacaan Surah Al-Fatihah dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin guru Fiqih MAN 1 Padangsidimpuan, Mhd. Daud, S.Ag.

Untuk diketahui, KSM yang digelar sejak tahun 2012 Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan dilaksanakan berbarengan dengan Young Reseacher Supercamp (Myres) dan Science Expo Madrasah.

“Sebanyak 446 peserta akan bertanding pada gelaran Kompetisi Sains Madrasah, ada 374 peserta KSM dan 72 peserta Young Reseacher Supercamp (Myres),” ungkap Plt Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Sidik Sisdiyanto.

Menurutnya KSM sebagai ajang kompetisi melahirkan talenta terbaik di bidang sains.

“Kesempatan bagi semua siswa siswi Madrasah untuk berkompetisi dan juga dapat melatih membangun budaya kompetitif yang sehat di lingkungan Madrasah,”ujar Sidik yang merupakan Sekertaris Menteri Agama RI ini, Minggu siang (3/9).

Selain itu, kata dia, melalui ajang KSM ini, nantinya diharapkan menghasilkan siswa madrasah yang lebih unggul di bidang sains sekaligus penguasaan ilmu keagamaan yaitu agama Islam, ini merupakan keunggulan KSM, yang mana  Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, yang diintegrasikan dengan Ilmu Agama Islam dalam soal-soal yang ada di KSM, pungkas Sidik.