TOBA - Polres Toba melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023 di halaman Mako Polres Toba, Senin (04/09/2023) dipimpin langsung Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H, S.I.K dan bertindak sebagai Komandan upacara  Iptu Welperik Sianipar Kanit Reg Ident Sat Lantas Polres Toba. Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dalam amanat Kapolda Sumatera Utara yang dibacakan menyebutkan, Polda Sumut beserta seluruh jajaran menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi "Zebra Toba 2023" yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai hari Senin, (04/09/2023) sampai Minggu (17/09/2023).
 
AKBP Taufiq menegaskan, Ops zebra tahun 2023 mengangkat tema “Kamseltibcarlantas Yang Kondusif Menuju Pemilu Damai Tahun 2024 Di Wilayah Provinsi Sumatera Utara".
 
Disebutkannya, Berdasarkan Data yang ada disepanjang tahun 2023 telah terjadi 3.855 Kasus pelanggaran Lalu Lintas yang mengakibatkan kerugian materil maupun korban jiwa.
 
Dengan rincian data antara lain meninggal dunia sebanyak 884 orang, Luka Berat sebanyak 1.246 orang, Luka ringan sebanyak 4.545 orang, dengan kerugian materil Rp 11.332.220.000.
 
Melalui Operasi yang di gelar akan neningkatkan keamanan, keselamatan Ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran kecelakaan lalu lintas dengan korban fatalitas. 
 
Operasi Zebra Toba 2023 merupakan Operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis di dukung dengan penegakan hukum secara elektronik baik statis maupun mobile serta teguran yang humanis bagi pelanggar Lalulintas terhadap 8 prioritas pelanggaran.
 
Untuk 8 pelanggaran yang dimaksud yaitu menelpon saat berkendara, pengendara dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, Berkendara dalam pengaruh alcohol, melawan arus dan berkendara melebihi batas kecepatan serta pengemudi dengan menggunakan kendaraan dengan Knalpot Blong.
 
AKBP Taufiq juga mengamanahkan kepada seluruh personil yang menjalankan tugas, Utamakan faktor Keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, serta lakukan operasi sesuai prosedural, tidak arogan dengan simpatik dan humanis 3S (Sabar, Sopan dan Senyum).
 
Selain itu operasi Zebra Toba 2023 juga bertujuan untuk menjadi langkah cipta kondisi menjelang pelaksanaan "Ops Mantap Mantra Toba 2024" 
 
Dimana dalam pelaksanaannya selain memberikan edukasi mengenai aturan Lalu Lintas yang baik namun juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar terciptanya Pemilu Damai Tahun 2024, pungkasnya. 
 
Selain apel gelar pasukan, dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan gelar sarana dan prasarana Operasi Zebra Toba 2023 oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dengan melakukan pengecekan dan pemeriksaan langsung kendaraan roda dua dan roda empat.
 
Turut serta dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023 Wakapolres Toba AKBP Lamin,S.Pd, Kasubsi Pratut Pidum Nico Bangun,S.H, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Toba Rikardo Hutajulu, Dan Subdenpom 1-2 Balige Kapten CPM Almuhar Chaniago, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, Ketua PN Balige Evelyn Boru Napitulu,S.H,MH, Kabid Satpol PP Tiarma Boru Sinurat, Para Kapolsek Jajaran Polres Toba, para Danramil jajaran Kodim 0210/TU se Kabupaten Toba, Kadishub Toba Sikat Sitompul, PJU Polres Toba, Personil Polres Toba, Personil Satpol PP, Personil Sub Denpom I - 2 Balige, Para Kasat Polres Toba dan Dinkes Kabupaten Toba.