LANGKAT - Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH menyerahkan Tunggul Kecamatan dan Kelurahan Terbaik Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Langkat, bertempat di Halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (4/9/2023). Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH dalam pidatonya menyampaikan bahwa dalam dinamika global saat ini khusus dari aspek politik ekonomi budaya dan informasi menuntut kinerja pemerintah yang lebih profesional terfokus dan spesifik pada tugas dan fungsi pokoknya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat maupun stakeholdernya. 
 
Hal ini merupakan konsekuensi logis dengan diterapkannya good governance khususnya aspek transparasi dan akuntabilitas dimana peran pemerintah mengalami perubahan paradigma yang sangat signifikan yaitu tidak lagi menggunakan pendekatan kekuasaan namun lebih tua kepada pendekatan pelayanan dan kemitraan. 
 
Pendekatan pelayanan dan kemitraan saat ini terasa menjadi sangat mendesak karena ternyata pelaksanaan pembangunan berbagai sektor di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Langkat menunjukkan tidak selalu berjalan mulus dan seringkali dihadapkan dengan sejumlah persoalan. 
 
Saat ini upaya dan komitmen Pemerintah Kabupaten Langkat dalam rangka menjaga keutuhan masyarakatnya adalah dengan mengedepankan tugas-tugas secara tepat dan bertanggung jawab melalui penciptaan dan peningkatan kapasitasnya dalam fungsi pelayanan kepada masyarakat yang efektif efisien akuntabel dan tepat sasaran. 
 
"Untuk itu dalam konteks inilah saya sangat mengharapkan kepada para Camat se-kabupaten Langkat sebagai ujung tombak dan perpanjangan tangan di lapangan agar mampu menterjemahkan dan melaksanakan semua kebijakan yang telah digariskan dengan penuh tanggung jawab. Namun begitu saya juga dapat memahami bahwa tugas sebagai Camat demikian kompleks dan beragam," ujarnya. 
 
Dalam kaitan inilah, kata dia, setiap tahunnya pemerintah terus melakukan penilaian Kecamatan terbaik di Kabupaten Langkat ini dengan tujuan untuk melihat secara langsung sejauh mana kondisi real setiap Kecamatan. 
 
Kegiatan penilaian Kecamatan terbaik dapat dimaknai secara positif oleh kecamatan terutama dalam hal pembenahan pelayanan munculnya kreativitas dan inovasi dalam pelaksanaan tugas, serta dapat semakin meningkatkan program kerja dan pelayanan terbaik pada masyarakat dalam fungsi sebagai ujung tombak Pemerintah Kabupaten Langkat yang berhubungan langsung dengan masyarakat. 
 
Syah Afandin mengucapkan selamat kepada Kecamatan Bahorok dan kelurahan innekeri kecamatan secanggang yang telah berhasil meraih predikat juara 1 Kecamatan terbaik dan kelurahan terbaik tingkat kabupaten Langkat tahun 2023.
 
Ucapan selamat juga disampaikan kepada juara 2 dan  3 Harapan 1 2 dan 3 semoga segala bentuk penghargaan ini tidak membuat saudara menjadi berpuas diri akan tetapi sebaliknya teruslah mawas diri terhadap segala kekurangan yang ada sehingga kedepannya dapat dilakukan pembenahan. 
 
Kepada para camat dan kelurahan yang belum berhasil Jangan berkecil hati tingkatkan terus kinerja saudara semoga di tahun mendatang menjadi juara, kepada Kecamatan Bahorok sebagai pemenang terbaik satu.
 
Maka akan menjadi duta atau perwakilan dari Kabupaten Langkat dalam mengikuti lomba kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023.
 
"Saya ingatkan agar segera melakukan persiapan dan pembenahan dalam rangka kunjungan tim penilai dari provinsi Sumatera Utara," pesannya. 
 
Juara lomba Kecamatan terbaik:
 
1.Kecamatan Bahorok jumlah nilai 979 nilai rata-rata 75,31 sebagai peringkat pertama. 
 
2.Kecamatan Hinai jumlah nilai 935 nilai rata - rata 71,92 sebagai peringkat kedua. 
 
3.Kecamatan Sirapit jumlah nilai 899 nilai rata - rata 69,15 sebagai peringkat ketiga. 
 
4.Kecamatan Pangkalan Susu jumlah nilai 836 nilai rata-rata 64,31 Harapan l. 
 
5.Kecamatan Padang Tualang jumlah nilai 835 nilai rata-rata 64,23 Harapan ll. 
 
6.Kecamatan Berandan Barat jumlah nilai 823 nilai rata-rata 63,31 Harapan lll. 
 
 
Juara lomba Kelurahan Terbaik :
 
1.Kelurahan Hinai Kiri jumlah nilai 1.198 peringkat pertama. 
 
2.Kelurahan Kwala Bingai jumlah nilai 1.169 peringkat kedua. 
 
3.Kelurahan Alur Dua Baru jumlah nilai 1.165 peringkat ketiga. 
 
4.Kelurahan Perdamaian jumlah nilai 1.160 peringkat keempat. 
 
5.Kelurahan Tanjung Langkat jumlah nilai 1.098 peringkat kelima. 
 
6.Kelurahan Pekan Selesai jumlah nilai 1.089 peringkat keenam.