PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH membuka turnamen kompetisi sepakbola Pespa Cup VII Pagaranbira. Kompetisi sepakbola Pespa Pagaranbira tahun 2023 berlangsung di lapangan hijau sepakbola Pagaranbira, Kecamatan Sosopan.
 
Plt. Bupati Padanglawas mengatakan pemerintah mengapresiasi kegiatan kompetisi sepakbola serta dukungan kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan positif ini.
 
Dikatakan, turnamen kejuaraan sepakbola bernilai penting dan strategis, karena dapat dijadikan sebagai salah satu indikator, bahwa masih berjalannya pembinaan dan pelatihan cabang olahraga sepakbola disetiap desa.
 
"Khususnya di wilayah kecamatan Sosopan dengan rutinitas latihan dan kontinuitas even kejuaraan seperti ini, tidak menutup kemungkinan di Kecamatan Sosopan. Bahkan Kabupaten Palas umumnya," ujarnya, Selasa (29/8/2023).
 
Melalui kompetisi sepakbola, lanjutnya, akan melahirkan atlet-atlet sepakbola berprestasi dan berbakat yang bisa dibanggakan dimasa yang akan datang.
 
Oleh karena itu, ia berharap turnamen sepakbola ini, harus benar-benar dijadikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang baik, tujuan pembentukan SDM berkualitas secara fisik dan mental.
 
Selain itu, sambungnya, untuk memperkuat pembentukan karakter bangsa, meningkatkan persatuan dan persaudaraan serta untuk meningkatkan prestasi olahraga sepakbola. 
 
"Intinya, melalui turnamen ini diharapkan mampu mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga kepada seluruh lapisan masyarakat," tambahnya.
 
Plt Bupati juga mengajak, seluruh atlit yang mengikuti turnamen sepakbola Pespa Cup ke VII Pagaranbira, agar senantiasa menumbuhkan sportivitas dan  memelihara rasa kebersamaan dan menjunjung tinggi fair play. 
 
Disamping itu, Plt Bupati juga mengimbau, nilai sportivitas dimaksud antara lain bisa menghargai dan mengakui keunggulan lawan, juga menyadari dan menerima kekalahan dalam pertandingan. 
 
Tidak  kalah pentingnya, katanya, taati seluruh ketentuan dan peraturan pertandingan yang telah disepakati bersama dengan panitia.
 
Dikesempatan itu juga,Plt Bupati mengingatkan, para wasit dan hakim garis agar menjalankan tugas dengan jujur, tegas dan objektif. 
 
Begitu juga dengan masyarakat kecamatan Sosopan, untuk  menjaga kekondusifan, keamanan demi lancarnya kompetisi sepakbola ini. 
 
"Supporter atau penoton jangan sampai ada yang masuk ke lapangan apalagi membuat kerusuhan," pesannya.
 
"Mari kita jadikan turnamen ini sebagai sarana konsolidasi, adu bakat dan prestasi para atlet sepakbola khususnya di kecamatan Sosopan dan umumnya di  Kabupaten Palas," tutupnya.