TOBA - Tinggi dan lebatnya intensitas curah hujan selama 4 hari berturut-turut di wilayah Kecamatan Habornas (Habinsaran, Borbor dan Nassau) mengakibatkan jalan penghubung antar desa dan ke kecamatan menjadi rawan longsor. Teranyar, Senin (27/8/2023) jalan penghubung desa dan ke Kecamatan tepatnya di Jalan Lumban Rau tengah Kecamatan Nassau, ambalas. Akibatnya transportasi untuk kendaraan roda 4 sebagai pengangkut hasil bumi dan sarana transportasi angkutan perdesaan jadi terputus.
 
Untuk mengantisipasi agar tidak sampai menelan korban, Polsek Habinsaran jajaran Polres Toba bekerja sama dengan personil Koramil Habinsaran berjaga serta memasang police line di lokasi ruas jalan yang terputus. 
 
Kapolsek Habinsaran AKP Esron Napitulu melalui Kanit Reskrim Polsek Habinsaran AIPTU Sudarwanto didampingi Bhabinkamtibmas Briptu J. Gultom mengatakan, police line bertujuan sebagai peringatan dan larangan agar warga tidak mendekat ke ruas jalan yang amblas. 
 
Disebutkan Sudarwanto, kedalaman ruas jalan yang longsor diperkirakan mencapai 30 meter dengan panjang jalan sekitar 10 meter. 
 
Ruas jalan yang longsor ini merupakan akses utama menuju 5 desa yakni; Desa Batu Manumpak, Desa Lumban Rau Tengah, Desa Lumban Rau Tenggara, Desa Cinta Damai dan Desa Lumban Rau Timur.
 
Akibat kejadian ini, jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, dengan ekstra hati-hati.
 
Camat Nassau Timbul Sipahutar, saat dikonfirmasi menyampaikan, longsornya ruas jalan tersebut disebabkan curah hujan yang berkepanjangan dan lebat beberapa waktu terakhir ini.
 
"Kita juga telah memberikan imbauan dan informasi kepada masing masing kepala desa supaya menyampaikan iimbauan kepada warga desanya masing- masing bila melintasi ruas badan jalan yang longsor saat ini supaya lebih berhati -hati di saat hendak melintasinya," ujarnya.
 
Demikan juga saat berada di sekitar lokasi badan jalan yang longsor, supaya jangan sampai ada warga yang menjadi korban jiwa saat melintas.
 
"Untuk penanganannya kita segera akan mengkoordinasikannya kepada pemerintah Kabupaten secara khusus Dinas PUTR Kabupaten Toba untuk melakukan upaya perbaikannya," pungkasnya.