PADANGSIDIMPUAN - Suasana upacara bendera di SMK Negeri 1 Jalan Sutan Soripada Mulia, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpua, Senin (28/8/2023) tampak berbeda. Sebab upacara bendera kali ini dipimpin Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, S.H,  S.I.K., M.H.
 
Dalam sambutannya, AKBP Dudung Setyawan berterima kasih diberinya kehormatan sebagai pembina upacara. 
 
Disebutkan Kapolres, ini merupakan program Polres Padangsidimpuan mendatangi sekolah memberikan pemahaman sebagai langkah pencegahan. Program ini akan dilakukan secara berkelanjutan, dengan melibatkan pejabat utama atau PJU Polres Padangsidimpuan.
 
"Dengan tujuan untuk mewujudkan program Polres Padangsidimpuan selaras, aman tampil baik, (SATABI), sesuai program quick Wlwins presisi Polri,” kata Kapolres AKBP Dudung.
 
Sekolah adalah tempat untuk menimba ilmu, membangun dan membina mental dan budi pekerti. Untuk itu perlu dijaga kredibilitas sekolah ini dengan melaksanakan program pendidikan dengan baik dan benar, hindari perbuatan yang tidak terpuji seperti kenakalan remaja, penyalagunaan narkoba, minuman keras, tawuran, kebut-kebutan dijalanan dan tindakan tidak terpuji lainnya.
 
"Belajarlah dengan giat, buat orang tua kalian dan guru-guru kalian bangga dan mengharumkan nama Sekolah SMK Negeri 1 Padangsidimpuan  yang kita cintai ini," pesannya. 
 
Ia juga mengingatkan, sekarang zaman canggih, para pelajar banyak terjebak dengan kenakalan remaja seperti tauran, pencurian, begal ataupun pelecehan. 
 
"Maka jauhi itu kita boleh mengikuti zaman tetapi jangan terjebak dengan perkembangan zaman, hiduplah pada zamanmu gunakan itu untuk menambah pengetahuan serta sarana kebaikan dan ibadah untuk semua orang," ujarnya.
 
Kapolres juga menekankan kepada para pelajar jangan mudah terkontaminasi dengan lingkungan hidup gaya-gayaan. 
 
"Selain itu, saya juga berpesan kepada adik-adik untuk menggunakan sosmed secara bijak dan tidak asal membagikan berita yang belum jelas. Karena, medsos bisa berdampak positif dan bisa juga berdampak negatif, sehingga para murid tidak bersentuhan dengan permasalahan hukum akibat membuat berita berita hoaks," harapnya.
 
"Untuk ibu guru dan bapak guru serta wali kelas bimbinglah anak kita ini kearah yang baik, saya juga berharap, kalian pengganti orang tua mereka jika dalam masa jam belajar di sekolah," tambahnya. 
 
Sebelum mengakhiri sambutan, Kapolres AKBP Dudung, berpesan kepada para siswa untuk tertib dalam berlalu lintas, jangan mengemudikan kendaraan apabila tidak memiliki SIM dan pergunakanlah helm saat mengendarai sepeda motor.
 
"Utamakan keselamatan daripada kecepatan, patuhilah peraturan lalu lintas serta jadilah pelopor keselamatan, keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas ini sebagai langkah untuk menjaga keselamatan diri dalam berkendara,” pesannya lagi. 
 
Turut hadir dalam upacara ini Kasat Lantas AKP Junaidi, Kanit Binpolmas Aipda Taufik H Harahap, Kepala Sekolah SMK N 1 Padangsidimpuan Adanan Harahap, Spd.