BATUBARA - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Masjid Al-Musannif di Kelurahan Indrasakti, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara, Selasa (22/8/2023). Masjid ini menjadi masjid ke-34 yang telah diresmikan dari program pembangunan 99 Masjid Yayasan Haji Anif (YHA). Masjid ini menjadi masjid kedua yang didirikan di Kabupaten Batubara. Sebelumnya, Musa Rajekshah yang juga Ketua YHA ini juga telah meresmikan Masjid Nurul Iman Al-Musannif, Dusun VII Desa Suka Ramai, Kecamatan Air Putih, Batubara.

“Alhamdulillah, masjid ini adalah keinginan daripada almarhum orangtua kami Haji Anif, sebelum almarhum meninggal berpesan kepada kami tolong selesaikan cepat 99 masjid, saya kepengin lihat selagi Allah kasih umur, saya lagi mau mempersiapkan kematian. Itu yang beliau pesankan. Alhamdulillah, kami kerjakan semua amanah ini, insya Allah, mudah-mudahan sampai ke-99 walaupun saat ini, ini yang ke-34,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Ijeck menambahkan Masjid Al-Musannif ke-35 di Pondok Pesantren Islamiyah Napabarbaran, Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padanglawas Utara juga telah selesai dibangun. Penandatanganan prasasti Masjid Al-Musannif ke-35 ini juga dilakukan bersamaan dengan peresmian Masjid Al-Musannif di Batubara ini.

“Masjid Al-Musannif juga telah dibangun di luar Sumatera Utara, di antaranya di Bandung dan Insya Allah, nanti di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan,” ujar Ijeck, sembari menjelaskan alasan pembangunan masjid di Sulawesi Selatan, berawal dari pertemuannya dengan seorang anak penghafal Alquran asal Pinrang beberapa tahun lalu.

Ijeck mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah ikut menyukseskan pembangunan Masjid Al-Misanni, di antaranya dengan merelakan kediamannya untuk pelebaran masjid. “Saya ucapkan terima kasih dan semoga ke depan masjid ini makmur dan dibangun sekolah tahfiz, mudah-mudahan generasi bangsa ini secara ilmu dunia dia kuasai tapi juga hatinya hanya takut sama Allah, dekat dengan agama,” harapnya.

Mewakili Badan Kenaziran Masjid (BKM) Masjid Al-Musannif Air Putih Ahmad Husaini mengucapkan rasa syukurnya atas pembangunan masjid di kampung halamannya oleh YHA.

“Kami warga masyarakat Kelurahan Indrasakti tak bisa membalas kebaikan Bapak Haji Anif dan Bapak Wagub sebagai Ketua Yayasan Haji Anif yang meneruskan program 99 Masjid ini. Hanya hadiah doa yang bisa kami berikan, semoga Allah yang membalas semua kebaikan bapak dan keluarga, InshaAllah menjadii amal jariyah,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Batubara Zahir menyampaikan terima kasih atas bantuan pembangunan sarana rumah ibadah di Batubara, yang diberikan YHA. Ia pun mengimbau BKM dan Jemaah Masjid Al-Musannif di Air Putih merawat dan memakmurkan masjid.

“Jaga masjid ini, jangan sempat masjidnya besar jemaahnya gak ada. Full-kan, isi dengan kegiatan keagamaan. Kalau masjid bagus, rapi jemaah nyaman dan diisi kegiatannya masjid akan semakin ramai. Ini adalah amanah harus kita jaga dengan baik dan jangan lupa dalam setiap kesempatan kita hadiahkan Alfatihah untuk Alhamrhum Haji Anif,” tutup Zahir.

Hadir dalam acara Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Prima, Perwakilan Ponpes Napabarbaran Maksum Ibrahim Baijuri Nasution, dan Ketua Yayasan Pesantren Raudlatul ‘Ulum Aek Nabara KH Marfin Kasduri.*