MEDAN - Universitas Syiah Kuala (USK) bersama Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) melaksanakan kuliah umum, dengan tema: Prospek dan Tantangan Kontemporer Ilmu Komunikasi di Era Interdisciplinary. Kegiatan ini berlangsung di AAC Dayan Dawood, kampus setempat, Selasa, 22 Agustus 2023.

Berbarengan dengan itu, turut dilantik pengurus ISKI Aceh periode 2023-2026. Dosen Ilmu Komunikasi USK, Dr. Hamdani M.Syam, M.A mendapatkan amanah memimpin organisasi tersebut. Itu merupakan yang kedua kalinya Hamdani mengemban amanah, setelah sebelumnya terpilih pada periode 2015-2019. Periode kedua ini tercatat 108 orang pengurus ISKI Aceh dilantik.

Pelantikan ini ditandai dengan pembacaan sumpah, penandatangan berita acara, hingga penyerahan pataka dari Ketua ISKI, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.H., S.Sos., M.Si kepada Hamdani selaku Ketua ISKI Aceh.

"Kita harus menguatkan komunikasi, konsolidasi, dan kolaborasi. Agar tidak terjadinya mis komunikasi. Semoga pengurus baru bisa bekerja lebih keras, yang dapat memberikan kemaslahatan kepada stekeholder juga masyarakat," kata Dadang.

Ia menyampaikan, di era digital tantangan Ilmu Komunikasi kedepan tidaklah mudah. Di sisi lain, Dekan Ilmu Komunikasi Unpad itu menyebutkan, prodi Ilmu Komunikasi menjadi prodi favorit pada hampir semua Perguruan Tinggi di Indonesia.

Ketua ISKI menyampaikan terima kasih kepada USK, berkat dedikasi dan dukungan Rektor, Prof. Dr. Ir. Marwan, pelantikan dan kuliah umum itu berlangsung semarak. Lebih seratusan peserta dari FISIP USK mengikuti dengan seksama.

Rektor USK turut menyampaikan selamat atas terpilihnya dosen Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP USK sebagai nahkoda ISKI Aceh. Dengan harapan, di periode kedua kepemimpinan dosen USK itu, ISKI Aceh semakin bisa menggaungkan perannya dalam memberikan kontribusi-kontribusi positif bagi Aceh, dan Indonesia.

"Kita berharap kehadiran ISKI Aceh mampu mengedukasi masyarakat terkait komunikasi. Kita ingin publik hidup dalam ekosistem komunikasi yang sehat, di tengah gempuran informasi palsu," tutur Prof Marwan.

Rektor menjelaskan, di era disrupsi dengan kehadiran internet, telah banyak mengubah cara berkomunikasi, dari yang mulanya dikenal dengan model komunikasi klasik, saat ini berganti dengan komunikasi virtual. Kondisi ini telah membawa Ilmu komunikasi menjadi salah satu dari beberapa cabang ilmu pengetahuan yang perubahannya cukup besar.

"USK lewat Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik (FISIP) yang telah berdiri sejak 2008 silam, telah banyak melahirkan pakar ataupun praktisi yang berkontribusi di bidangnya. Diaspora alumni, telah banyak mewarnai dunia komunikasi di tanah air," ungkap Rektor.

Sementara itu, Ketua ISKI Aceh, Hamdani menyampaikan, kepengurusan di periode sekarang, segera melaksanakan rapat kerja, untuk kegiatan tahun pertama, dan tahun seterusnya.

"Terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Kepengurusan di periode ini lumayan banyak, sekitar 108 pengurus. Lebih banyak dari periode sebelumnya, yang berkisar 73 pengurus," sebut Hamdani.*