SIBOLGA - Untuk memastikan perkembangan pengerjaan fasilitas pendukung di Pasar Sibolga Nauli seperti Taman dan lokasi Parkir serta Controller Atmospher Storange (CAS) yang peruntukannya untuk menyimpan sayur mayur, buah serta cabai, Wakil Walikota Sibolga melakukan peninjauan langsung ke Pasar Nauli Sibolga, Senin (21/8/2023). Didampingi sejumlah OPD, Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumbantobing dengan telitinya memperhatikan pengerjaan yang tengah dilakukan pihak rekanan. 
 
Ia juga mempertanyakan sejauh mana progres pengerjaan proyek yang dibiayai APBN itu sudah terlaksana. 
 
Usai meninjau pengerjaan proyek fasilitas taman dan lokasi parkir yang nantinya terintergrasi dengan Pasar Nauli Sibolga, Pantas Maruba Lumbantobing kemudian menyasar pada pengerjaan proyek pembuatan Controller Atmospher Storange (CAS) yang pendanaannya mencapai Rp 198 juta lebih bersumber dari APBD Kota Sibolga tahun 2023. 
 
Dilokasi pengerjaan proyek CAS itu, Ia melihat langsung apa-apa yang telah rampung, karena CAS ini nantinya sangat diperlukan untuk menyimpan beberapa jenis komoditas seperti sayur mayur, buah dan cabai, karena kapasitasnya bisa mencapai 5 ton. 
 
"CAS ini sebenarnya adalah proyek Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian (DPKPP) Kota Sibolga. Tetapi yang penggunaanya oleh Dinas Perindag Kota Sibolga,” katanya.
 
Lanjut Pantas menambahkan, CAS ini juga nanti bisa digunakan sebagai salah satu fasilitas untuk menekan laju inflasi di Kota Sibolga yang kerap disebabkan lonjakan harga cabai. 
 
"Cas ini nanti bisa digunakan untuk menyimpan persedian cabai merah pedagang, jadi jika sewaktu-waktu cabai merah mengalami harga tinggi, maka persedian yang tersimpan bisa dikeluarkan," ungkapnya. 
 
Wakil Walikota Sibolga berharap seluruh pengerjaan proyek yang ada berkaitan langsung dengan Pasar Sibolga baik yang dibiayai APBN dan APBD Kota Sibolga bisa rampung sesuai dengan jadwalnya, sehingga bisa langsung dipergunakan.
 
Sementara, Herman selaku konsultan (Pengawas), anggaran proyek tersebut mencapai Rp 5 miliar selama 120 hari kerja. Proyek dikerjakan sejak 8 Agustus 2023 oleh CV 29BL.
 
"Dikerjakan ada pelataran parkir, taman sama kanopi untuk di atas gedung. Dikerjakan sampai 5 Oktober 2023, insya Allah rampung," ungkapnya.