TOBA - Bupati Toba Poltak Sitorus ditanamkan meminta agar budaya 'Batak Naraja' ditanamkan sejak dini bagi pelajar. Hal tersebut diungkapkannya saat kunjungan kerja di SMP Negeri 4 Balige di Soposurung Kecamatan Balige, Selasa (22/8/2023)

Dihadapan ratusan siswa bersama para guru, Poltak Sitorus menyampaikan pentingnya sebagai suku Batak untuk lebih mengenal kepribadian Batak Naraja. 

Batak Naraja dalam penjabarannya jelasnya, adalah Batak Na 'marugamo'. Artinya taat beragama dan beriman dan peduli, 'maradat' artinya sopan dan beretika, 'marparbinotoan' yang berarti cerdas dan bijaksana, serta 'naruhum' yang berarti taat akan berbagai aturan dan peraturan/berdisiplin. 

"Apapun agama anak-anak sekalian, sebagai umat yang beragama kita harus peduli dan penuh kasih. Jadi kita harus peduli kepada siapa saja," kata Poltak Sitorus. 

"Sebagai orang yang 'maradat', kita juga harus sopan, harus santun. Tidak boleh melawan guru, melawan orang tua atau yang lebih tua dari diri kita," lanjutnya lagi. 

Selain menyampaikan makna 'marugamo' dan 'maradat', Poltak Sitorus juga menjelaskannya demikian juga dengan pengertian 'marparbinotan' dan 'aruhum'. 

"Marparbinotoan, artinya kita harus pandai, pintar dan cerdas, tentunya untuk supaya menjadi pintar, pandai harus tekun berlajar serta harus patuh dan taat kepada guru. Demikian halnya dengan maruhum, artinya kita harus taat aturan, taat hukum, harus disiplin diri," jelasnya.

Untuk mencapai itu semua, Bupati Toba mengajak siswa dan guru untuk terus memperbaiki semua aspek dalam diri, termasuk memperbaiki cara belajar, sikap, dan hal lainnya secara terus menerus.

Dalam kesempatan tersebut Poltak Sitorus juga mengingatkan agar seluruh siswa tidak terlibat peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, karena akan perusak masa depan.

Selain itu lanjutnya, tidak tawuran serta menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan mengingat daerah Kabupaten Toba salah satu tujuan wisata nasional dengan destinasi pariwisata Danau Toba go internasional.

Sebelum mengakhiri sambutan dan bimbingannya, Poltak Sitorus mengundang para siswa juara umum untuk menerima hadiah.

Diakhir acara Bupati bersama rombongan menggelar temu ramah dan menyampaikan arahan  bimbingan khusus kepada Kepala Sekolah, Berliana Pasaribu dan  seluruh guru SMP Negeri 4 Balige.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Balige Berliana Pasaribu menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan kerjanya Bupati Toba dan rombongan serta di telah memberikan berbagai wejangan nasehat kepada seluruh peserta didik SMP Negeri 4 Balige.

"Ini akan terus kita galakkan dalam pembelajaran hidup keseharian di lingkungan sekolah, sebagaimana yang telah diamanahkan oleh bapak Bupati untuk kita lakukan," ungkapnya.

Turut mendampingi Bupati Toba, Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu, Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kakan Satpol-PP Harianto Butarbutar.