TOBA - Satu unit rumah milik warga berlantai dua di Pasar Tintinan, Desa Huta Gurgur I, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, hangus dilalap si jago merah, Senin (21/08/2023) sekira pukul 05.00. Kapolsek Polsek Silaen, AKP R Tampubolon ketika di konfirmasi wartawan membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Tintinan Desa Huta Gurgur I Kecamatan Silaen.

AKP R Tampubolon menerangkan, pada pagi hari tadi sekira pukul 05.00 Wib seorang saksi, anak dari pemilik rumah yang terbakar Andrian Panjaitan (17), sesaat setelah bangun tidur di pagi itu, Adrian Panjaitan telah melihat kobaran api yang sudah membesar dari lantai dua rumah mereka.

Begitu melihat kobaran api Adrian langsung berlari keluar dari dalam rumah dan meminta tolong kepada warga tetangga rumahnya Torang Siagian (51) warga Pasar Tintinan Desa Huta Gurgur I Kecamatan Silaen dan Romauli Boru Siagian (45) warga Desa Sitorang Kecamatan Silaen.

Tidak lama berselang korban pemilik Rumah Golkar Panjaitan (52) bersama anak anaknya berlari keluar dari dalam rumah yang sudah terbakar dan berteriak meminta tolong kepada warga sekitar untuk membantu memadamkan kobaran api.selanjutnya oleh warga melaporkan kepada kepala desa.

Mengetahui kebakaran tersebut, Kepala desa langsung melaporkannya kepada Kapolsek Silaen untuk meminta bantuan pengamanan dan segera meminta bantuan Pemadam dari Kabupaten.

Masyarakat sekitar bersama personil Polsek Silaen dan Personil Koramil 14/Silaen berupaya membantu memadamkan api dengan peralatan manual seadanya.

Tidak berapa lama sekitar pukul 05.30 Wib 2 unit mobil Damkar milik Pemkab Toba Toba di lokasi kejadian dan langsung bergerak cepat melakukan padaman, namun naas akibat kobaran api yang begitu menyala nyala dan begitu cepat merambat ke setiap sudut dalam bangunan rumah mengakibtkan seisi rumah habis dilalap api. Api baru dapat dipadamkankan hingga total sekira pukul 06.30 Wib.

Disebutkannya, dalam peristiwa kebakaran yang terjadi tidak ada menelan korban jiwa.untuk kerugian materil korban diperkirakan +_ Rp.170.000.000.terkait sumber api yang menghanguskan rumah korban, dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran dari korsleting hubungan arus pendek listrik.ungkap AKP R Tampubolon.

Camat Silaen Moses Simanjuntak melalui Sekretaris Kecamatan Lambok Silaen saat dikonfirmasi menyebutkan, terkait dengan bencana kebakaran yang dialami warga desanya Pemerintah Kecamatan Silaen langsung melaporkannya ke Pemerintah Kabupaten khususnya Dinas Sosial dan BPBD untuk memberikan bantuan.

Untuk penampungan dan penginapan sementara korban dan keluarganya BPBD (Badan Penanggulangaan Bencana Daerah) Kabupaten Toba langsung turun saat itu dan telah mendirikan tenda darurat sebagai penampungan sementara korban dan keluarganya.

Menyikapi peristiwa tersebut Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Kepala Dinas Sosial Lalo H Simanjuntak dan Kepala Dinas Kominfo Sesmon Butarbutar sekira pukul 15.00 Wib sore tadi langsung turun ke desa lokasi kejadian untuk membesuk para korban.

Disebutkan Lambok Boru Silaen, Dalam kesempatan tersebut Bupati Poltak Sitorus dengan didampingi Kepala Dinas Sosial Lalo H Simanjuntak bersama Kepala Dinas Kominfo Sesmon Butarbutar, Anggota DPRD Toba Robinson Sibarani dan Kapolsek Silaen AKP R Tampubolon langsung menyerahkan bantuan Sosial kepada korban kebakaran demikian juga kepada tetangga Kiri dan Kanan rumah yang terbakar yang walaupun tidak sempat rumah mereka dilalap api namun mengalami imbas kerusakan juga.

Kepada Golkar Panjaitan (52) yang rumahnya hangus dilalap api, Bupati Poltak Sitorus menyerahkan bantuan material bangunan berupa Semen, Seng, Papan dan kayu Beroti, Paku dan triplek berikut sembako berupa Beras, Telor, Mie Instant, Minyak Goreng, Gula putih dan bubuk teh.

Untuk bantuan lainnya Dinas Sosial juga menyerahkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI berupa kasur tidur, makanan kotak siap saji, roti anak anak dan selimut serta beberapa bantuan peralatan keluarga lainnya, sedangkan untuk tetangga korban Bupati Poltak Sitorus juga menyerahakn bantuan sembako.