LANGKAT - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Bahorok mengadakan berbagai jenis perlombaan memeriahkan HUT ke 78 RI. Kegiatan dimaksud diselenggarakan Senin (21/8/2023) di sekretariat jalan Berdikari perumahan Bahorok Permai kelurahan Pekan Bahorok.

Perlombaan yang diselenggarakan meliputi lomba lari goni, estafet kain sarung, makan kerupuk, makan telur puyuh, estafet balon, lari balon dan awasi Pemilu.

Ketua Panitia, Tugianto menerangkan, perlombaan diikuti 19 orang Pengawas Kelurahan Desa (PKD), komisioner kecamatan serta staf sekretariat PNS dan non PNS.

"Peserta yang mendapat juara diberikan bingkisan hadiah," ujarnya.

Sementara, Diah Ratnasari S Komp salah seorang Komisioner Panwaslu Kecamatan Bahorok mengatakan selain perlombaan, juga ada penilaian terbaik terhadap PKD dan staf.

Kriteria PKD terbaik meliputi tercepat melaporkan kegiatan di wilayah kerja diawali dari pengawasan petugas pendataan daftar pemilih (pantarlih) pencocokan penelitian (coklit) data pemilih.

"Tercepat merespon instruksi pengawasan, beretika dan santun bertutur kata dan bertanggung jawab," urai Diah.

Sedangkan kriteria staf non PNS terbaik yakni cekatan dan terampil dalam meng-input data dari PKD untuk dilaporkan ke Bawaslu Langkat. Rajin dan bertanggung jawab merupakan penilaian utama serta bersedia bekerja penuh waktu.

Untuk PKD terbaik dalam perlombaan ini, kata dia, yakni Nazaruddin Yahya PKD Perkebunan Bukit Lawang. Sedangkan staf non PNS terbaik yaitu Lia Borjun.

Di dampingi rekannya Muhammad Ibrahim SS., dikatakan Diah, kegiatan lomba juga dihadiri ketua panwaslu kecamatan Salapian, Westiani br Purba dan Ketua Panwaslu Kecamatan Kuta Mbaru, Purnama SE serta komisioner kedua kecamatan itu.