MADINA - Rekapitulasi penghitungan surat suara calon kepala desa di Desa Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) telah selesai dilaksanakan. Penghitungan surat suara tersebut dimulai setelah ditutupnya pada pemungutan surat suara pada Pukul 14.00Wib, Senin (21/8/2023).

Untuk pemilihan kepada desa di Desa Lumban Pasir sendiri diikuti sebanyak dua calon yakni nomor urut 1 Kurnia Edi Saputra dan nomor urut 2 Zulham Riad Nasution.

Ketua Panitia Pilkades, Ansar mengatakan untuk penghitungan surat suara calon kepala desa di Desa Lumban Pasir telah selesai dilakukan. Untuk hasilnya sementara, calon nomor urut 2 meraih suara terbanyak.

"Zulham Riad Nasution (Cakades nomor urut 2 Desa Lumban Pasir) dengan total jumlah suara sebanyak 1.223 suara. Sementara calon nomor satu Kurnia Edi Saputra total jumlah suara 68 suara, " katanya.

Dia merincikan untuk jumlah suara nomor urut 1 di TPS I tertotal 20 suara, TPS 2, sebanyak 10 suara, TPS 3 ada 19 suara dan TPS 4 sebanyak 19, jadi keseluruhannya sebanyak 64 suara.

Kemudian calon kepala desa nomor urut 2 Zulham Riad Nasution meraih suara sebanyak 307 di TPS 1. TPS 2 total suara 324 dan di TPS 3 jumlah suara 289 dan TPS 4 sebanyak 303.

"Sementara surat suara batal ke empat TPS tersebut sebanyak 17 suara. Sedangkan surat suara tertotal 1291 suara dan untuk DPT-nya di Desa Lumban Pasir sendiri ada sebanyak 1434 pemilih," ujarnya.

Ansar menambahkan antusias kehadiran masyarakat dalam pemilihan kepala desa di Desa Lumban Pasir ini cukup terbilang tinggi. Karena terhitung dari kehadirannya 1308 atau sekira 90%.

Sekedar diketahui Zulham Riad Nasution sebagai peraih suara terbanyak dari hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkades Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan, merupakan calon petahana dan memenangkan ketiga kalinya dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Selain desa Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan yang mengikuti pemilihan kepala desa di Kabupaten Mandailing Natal secara serentak juga diikuti 256 desa yang tersebar di 23 Kecamatan, Kabupaten Mandailing Natal.