TOBA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Generasi Muda Nairasaon se-Dunia (GMNS) bersama Dewan Pengurus Pusat (DPP) Nairasaon Indonesia menggelar lomba lari marathon 10 Km Nairason di Kaldera Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sabtu (19/8/2023). Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini, diperuntukkan bagi pelajar SMA dari dalam dan luar Kabupaten Toba.
 
Ketua Panitia Lomba Sampe Sitorus menyebutkan, peserta yang mengikuti lomba lari marathon ini sebanyak 498 orang.
 
Untuk pemenang sebutnya, panitia mengambil 15 juara lomba. Peserta yang meraih urutan juara 1 hingga 15 akan mendapatkan tropi dan piagam penghargaan serta uang pembinaan. 
 
Sebelum lomba dimulai, Sekjen DPP Nairasaon Indonesia Jonang M.P Sitorus memberikan arahan dan bimbingan bagi para peserta.
 
"Tunjukkan semangat dengan sportifitas yang tinggi utamanya saling menghargai dan menghormati diantara sesama peserta. Kami berharap semua peserta harus tahu tentang marga-marga dari Narasaon," ujarnya.
 
Peserta dilepas Ketua GMNS Leonardo AB Sitorus,S.Hut dari Simpang Aek Natolu dan finish di Gerbang halaman Kaldera Toba.
 
 
Usai melepas peserta lomba lari marathon, Leonardo AB Sitorus menyebutkan kegiatan ini untuk memfasilitasi serta memotivasi semangat generasi muda untuk meraih berbagai prestasi di berbagai bidang kegiatan lomba khususnya di sekolah.
 
Ini juga lanjutnya, sekaligus ajang kampanye dan sosialisasi akan bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba sebagai perusak mental dan masa depan bangsa.
 
Dalam lomba ini, untuk kategori putra, juara 1 berhasil diraih Prijen Butarbutar dan Christopher Simangunsong (juara 2) dan juara 3 diraih Rio Marpaung.
 
Sementara kategori putri, juara 1 diraih Perti Simangunsong, juara 2 diraih Riska Siagian sedangkan untuk juara 3 diraih Tiara Sinaga. 
 
Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Parsibona Kabupaten Toba, Drs.Audi Murphy Sitorus.