TOBA - Bupati Toba Poltak Sitorus di dampingi Sekda Augus Sitorus dan sejumlah pejabat, Minggu (20/08/2023) menghadiri peresmian renovasi gedung baru Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Tampahan Distrik XI Toba Hasundutan yang berdiri di kawasan lokasi wisata Danau Toba Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. "Keberdirian Gereja HKBP ini sangatlah strategis, mengingat Desa Meat adalah salah satu desa kawasan Wisata Destinasi Danau Toba yang sebelumnya desa ini telah di nobatkan menjadi Desa Wisata di kawasan Danau Toba," ujar Poltak Sitorus dalam sambutannya usai acara ibadah yang juga dihadiri Ephorus HKBP Pdt.Dr. Robinson Butarbutar.

Sebagai daerah wisata, kata dia, Pemerintah Kabupaten Toba terus berupaya meningkatkan infrastruktur khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini.

"Sebagaimana Pemerintah Pusat menetapkan Kawasan Danau Toba 5 Pembangunan kawasan Pariwisata super prioritas Nasional dan desa Meat secara khusus juga terlibat dalam pengembangan pembangunan super prioritas ini pembagunan jalan/Infrastrukturnya demikian halnya dengan SDM bagi masyarakatnya akan dijadikan prioritas untuk tujuan pariwisata go Internasional," kata Poltak Sitorus.

Sebagai salah satu tujuan wisata Pemerintah juga berupaya memberikan dukungannya utamanya dalam peningkatan pembangunan jalan harus bagus demi keamanan dan kenyamanan wisatawan untuk hilir mudik memasuki kawasan wisata desa Meat.

Melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saat ini telah membangun peningkatan jalan disepanjang tepian Danau Toba desa Meat yang nantinya akan tembus ke Sitanggor, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kepada masyarakat Toba khususnya desa Meat saya berpesan dan berharap untuk kedepannya supaya lebih mengedepankan sikap yang ramah, sopan dan santun dalam menerima dan menyambut kehadiran para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah wisata kita.secara khusus juga kepada warga jemaat HKBP Meat untuk menjaga dan merawat fasilitas umum yang telah ada demikian juga dengan bangunan Gereja HKBP Meat.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai bentuk dukungan dan motivasi Pemerintah Kabupaten Toba kepada warga jemaat HKBP desa Meat, Bupati Poltak Sitorus memberikan bantuan tali asih kepada para pelajar siswa/siswi SD, SMP dan SMA/SMK yang hadir.

Turut juga hadir dalam acara mangompoi (peresmian) renovasi gedung bangunan baru Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Tampahan Distrik XI Toba Hasundutan di kawasan lokasi wisata Danau Toba Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Oppui Ephorus HKBP Pdt.Dr. Robinson Butarbutar, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Jubel Tambunan Ketua Partai Nasdem DPD Kabupaten Toba, sejumlah anak rantau Desa Meat, para Pendeta serta para pengurus dan penatua Gereja HKBP desa Meat.

Diketahui dari keterangan salah satu tokoh masyarakat adat desa Meat Oppu Jerekson Siahaan (69) menyebutkan, HKBP Meat Resort Tampahan berdiri pada tahun 1895 dan saat ini memiliki warga jemaat sebanyak 540 orang.

Ikut serta mendampingi rombongan Bupati Toba, Sekdakab Toba Drs.Augus Sitorus, Kakan Kesbang Jasip Brostito Sianipar, Camat Tampahan E.Lisbet Situmorang, Kepala Desa Meat dan Perangkat desanya serta sejumlah Kepala OPD Pemkab Toba lainnya.