PADANGSIDIMPUAN - Satu unit truck dengan Nomor Polisi BK 9223 WA bermuatan paket  salah satu perusahaan di Jakarta, ludes terbakar di jalan Raja Inal Siregar, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (19/8/2023) dini hari. Truk Ekspedisi tersebut berangkat dari Pluit Jakarta Utara hendak menuju Kota Medan yang dikemudikan Candro Sidabungke (38) warga Silabah Jaya, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

"Asal muasal api tidak diketahui pasti, saya tersadar begitu melihat dari kaca spion sebelah kiri ada percikan api dari bak samping mobil yang saya kemudikan," ujarnya, pada Sabtu (19/8/2023).

Namun, lanjut katanya, setelah melihat api yang cukup besar dari bak belakang, ianya yang kebetulan melihat langsung mengarahkan mobil ke tempat yang lapang agar tidak menganggu arus lintas dan berimbas ke kendaraan lain.

"Saya tidak tahu apa penyebabnya bang, kami berusaha memadamkan api bersama pengendara lainnya yang kebetulan melihat kejadian itu," ucapnya.

"Tiba-tiba asap tebal mengeluarkan api langsung habis membakar mobil truck bermuatan paket dari pluit Jakarta Utara menuju kota Medan," tambahnya.

Bahkan, katanya, pakaian, dompet dan HPnya tidak sempat diselamatkan saking paniknya. Ia bersama kernet dan pengawas muatan langsung meloncat dan menepi di pinggir Jalinsun Batunadua.

"Hanya bisa pasrah menyaksikan kobaran api yang membakar habis truck colt diesel bersama muatan paket," ungkapnya.

Sementara, Kabid Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Padangsidimpuan Ashadi Muchtar Nasution mengatakan begitu mendapat informasi kebakaran truck colt diesel pihaknya langsung menurunkan 1 unit mobil Damkar.

"Kami terima laporan bahwa terjadi kebakaran satu unit mobil yang bermuatan paket di Jalinsum Batunadua," kata Ashadi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Mendengar laporan tersebut, petugas pemadam kebakaran langsung menuju lokasi dan membantu memadamkan api, hingga akhirnya api berhasil dipadamkan 1 jam kemudian. Sayangnya, mobil terbakar dengan cepat hingga 1 truck colt diesel mengangkut paket ludes terbakar.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian nahas tersebut, namun kerugian yang dialami korban ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," pungkasnya.

Kapolres padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, S H, S.IK, M H, melalui Kapolsek Batunadua AKP Andi Gustawi kepada Awak media membenarkan adanya kebakaran truk yang dikendarai Candro Sidabungke (38).

Truk ekspedisi itu melaju dari arah jalan baru Kota Padangsidimpuan menuju Kabupaten Tapsel tujuan Kota Medan. Sampai di simpang by pass Batunadua, pengemudi langsung berhenti dikarenakan melihat Kepulan asap dibarengi percikan Api.

"Tetapi belum sempat sopir melakukan pengecekan, api malahan langsung membesar akibat diterpa kencangnya angin. Api dengan cepat api membakar habis truck beserta isinya itu," sebut AKP Andi Gustawi.

"Awalnya pengemudi melihat ada keluar asap dari bak kendaraan disusul percikan api langsung membesar," kata Kapolsek berdasarkan keterangan pengemudi.

Akibat kejadian tersebut, kata Kapolsek, pihaknya bersama Tim Inavis, SPKT bersama Personil Sat Lantas, Satreskrim Polres Padangsidimpuan langsung turun ke lokasi melakukan olah TKP dan penyelidikan kebakaran truck colt diesel bermuatan paket tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, sementara akibat kebakaran itu, kita masih melakukan penyelidikan," tutupnya.

Pasca insiden kebakaran truck pengangkut Paket itu, Tim Inavis sudah memasang garis Polisi dan tampak Kasat Lantas AKP Junaidi, SH bersama Personilnya bergotong-royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran dari badan jalan agar tidak mengganggu Arus lalu lintas di lokasi tersebut.***