PALAS - Polres Padanglawas (Palas) mengelar Jumat Curhat di Masjid Jami An Nur Sibuhuan, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Jumat (18/8/2023). Sebelum Jumat Curhat, personel Polres Palas melaksanakan ibadah shalat Jumat berjemaah dengan masyarakat.

Kepala Lingkungan VI, H.Hamzah Harahap menyampaikan, beberapa keluhan jemaah masjid atau masyarakat tentang keresahan diantara terkait balapan liar dan peredaran narkoba.

Selain itu, lanjutnya, atas nama masyarakat juga meminta Polres Palas menindak lanjuti penyakit masyarakat (Pekat) terkait kehadiran cafe-cafe yang menjual minuman keras(Miras) yang beroperasi di wilayah hukum Polres Palas.

Disisi lain, masyarakat juga berharap personil Polres Palas melakukan kegiatan bakti sosial dengan kegiatan menutup lubang -lubang badan jalan agar tidak menimbulkan laka lantas bagi penguna jalan.

Harapan masyarakat juga meminta pihak Kepolisian agar memasang rambu-rambu lalu lintas di tempat rawan laka lantas dan persimpangan jalan yang kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas umum.

"Pembrantas peredaran narkoba didaerah ini diharapkan menjadi prioritas karena sangat merusak masa depan generasi muda," ungkap H.Hamzah Harahap.

Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika, S.I.K diwakili Wakapolres, Kompol Sugianto,S.Pd mengatakan, melalui Junat Curhat ini berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat dapat kita dengar secara langsung sebagai informasi kepihak Kepolsian yang harus ditindak lanjuti.

"Terkait balapan liar dan knalpot rising yang kerap menimbulkan kebisingan dan sangat menganggu kenyamanan beribadah terutama di malam hari akan segera ditindak," katanya.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan para tokoh agama yang telah bersedia hadir dalam Acara Jum'at Curhat," ucap Kompol Sugianto.

Ia juga mengimbau, masyarakat saling berkoordinasi terkait gangguan kamtibmas yang ada diwilayah Kabupaten Palas.

Dikesempatan itu, Wakapolres juga mengajak, masyarakat agar sama-sama menjaga kamtibmas dan mendukung Polres Palas membrantas cafe-cafe sesuai aturan Perda Kabupaten Palas.

Untuk mengantisipasi semua gangguan kamtibmas, Kompol Sugianto menegaskan, akan rutin melakukan patroli malam khususnya malam Minggu untuk menindak balapan liar dan lainnya.

Ia juga menambahkan, Sat Samapta Polres Palas akan terus melakukan patroli di semua lokasi rawan gangguan kamtibmas," tegasnya.

"Kalau ada permasalahan yang menganggu kamtibmas, tolong sampaikan kepada kami melalui hubungan 110," pesannya.

"Khusus malasah jalan berlubang dan rambu-rambu jalan,pihak Polres akan berkoordinasi dengan Pemkab Palas," tutupnya.

Turut serta mendampingi Wakapolres, Kasat Binmas,AKP Rahmat Saleh Nainggolan, Kasat Intelkam, AKP Sahala Harahap, SH, Kasat Samapta,AKP Mhd.Husni Yusuf, Ketua Pemuka Agama Mitra Kamtibmas (PAMK) Palas, Ustadz Pauzan Hamidy Hasibuan

Hadir di pertemuan Jumat Curhat, para tokoh agama lingkungan VI, tokoh masyarakat, remaja masjid dan masyarakat.