INHU - Bupati Indragiri Rezita Meylani Yopi, SE pimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Stadion Narasinga Kecamatan Rengat, Kamis (17/8/2023). Peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia Ke 78 tahun 2023 ini, mengusung tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju". Tema ini memaknai cerminan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan upaya pembangunan, serta bekerja sama dalam memanfaatkan kesempatan demi kemajuan Indonesia.

Diketahui, Pembacaan teks detik-detik proklamasi dibacakan Ketua DPRD Indragiri Elda Suhanura. Bertindak sebagai komandan upacara Iptu Renvauli Simarmarta, pengibar sang merah putih posisi tengah Gua Vindhu SMKN 1 Rengat Barat, posisi kanan Jeconiah Sebastian Simarta SMA Santa Theresia, posisi kiri Rafif Parsa Ardanta SMAN 1 Pasir Penyu, bertugas sebagai pembawa bendera Bintang Ribka Sitompul SMA Santa Theresia. 

Turut Hadir mendampingi, Wakil Bupati Indragiri Hulu Drs. H. Junaidi Rachmat, M. Si beserta istri, unsur Forum Komunikasi pimpinan Daerah Inhu, orang tua Paskibraka serta tamu undangan lainnya.

Pada HUT RI ke 78  Bupati Inhu juga melanjutkan perjalanan ke Rumah Tahanan Negara( Rutan ). Sebanyak 559 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Rengat menerima Remisi Umum tahun 2023 bagi Narapidana dan Anak Binaan dalam rangka HUT RI ke-78 ini.

Bupati Inhu

Penyerahan remisi dilakukan secara simbolis oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE di dampingi Kepala Rutan Klas IIB Rengat Julius Barus, SE, M.H kepada Perwakilan WBP Rutan Klas II B Rengat.

Turut hadir pada acara penyerahan remisi tersebut Ketua DPRD Kab. Inhu Elda Suhanura, SE. M.H, Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Evi Erma Junita SKM, M.Si, Unsur Forkopimda serta para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Bupati Inhu berpesan agar Peringatan kemerdekaan ke-78 RI tahun 2023 ini kita jadikan sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan sebagai pengayom masyarakat, mendorong peningkatan kinerja serta dapat menciptakan inovasi serta kreativitas dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik serta menghindari perbuatan yang dapat merusak nama baik institusi pemasyarakatan dan Kementerian Hukum dan HAM.

Kepada seluruh warga binaan saya mengajak saudara saudara untuk senantiasa berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan, mematuhi aturan yang berlaku dan mematuhi tata tertib di lapas/rutan sehingga dapat menjadi bekal positif saat tiba waktunya nanti sudah kembali ke masyarakat". Ujar bupati

"Kepada seluruh narapidana dan anak binaan yang hari ini mendapatkan remisi, khususnya langsung bebas pada hari ini saya mengucapkan selamat," lanjut Bupati.

"Sekaligus, saya mengingatkan agar saudara terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha kuasa, jadilah insan yang taat hukum, insan berakhlak mulia dan berbudi luhur serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa," tutup Bupati

Bupati Inhu-hut ri

Diketahui dari 559 WBP Rutan Klas II B Rengat  yang memperoleh Remisi Umum tahun 2023 bagi narapidana dan anak binaan dalam rangka HUT RI ke-78, 4 orang di antaranya langsung bebas.

Dikesempatan ini, Bupati Inhu beserta rombongan menyempatkan untuk meresmikan kolam budi daya ikan air tawar, serta melihat hasil karya warga binaan di Rutan Klas IIB Rengat.