PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar upacara penghormatan dan malam renungan suci di taman makam Pahlawan Mayor Daulat Hasibuan dan Donggur Harahap di Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, Kamis (17/8/2023) dini hari, pukul 00.00 WIB. Walaupun kondisi hujan, tidak menyurutkan para pejabat daerah dan unsur Forkopimda untuk tetap meakasanakan upacara penghormatan kepada pahlawan kemerdekaan RI melalui malam renung suci menjelang HUT RI ke 78 tahun 2023.
 
Di lokasi makam Pahlawan ini terbaring dengan tenang jasad pahlawan putra terbaik Kabupaten Palas, Mayor Daulat Hasibuan kelahiran Desa Paringgonan 17 November 1924 bersama istri tercinta Donggur Harahap.
 
Salah satu putra kandung Mayor Daulat Hasibuan, Chairul Max Hasibuan menuturkan, semasa hidupnya Mayor Daulat Hasibuan banyak dianugerahi penghargaan tanda jasa dari pemerintah pusat atas penugasan pertempuran, aksi militer dan penumpasan pemberontakan di Indonesia.
 
Pada  rentang waktu tahun 1946 hingga 1958. Salah satunya tanggal 5 Oktober 1958, beliau dianugerahi tanda jasa pahlawan dari Presiden I Republik Indonesia, Ir. Soekarno.
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara penghormatan dan malam renungan Suci dipimpin Dir Binmas Polda Sumut, Kombes.Pol. Muhammad Muslim Siregar,S.I.K.
 
Kondisi hujan dan redup cahaya obor ditengah suasana sunyi nan syahdu, peserta upacara larut dalam kekhusukan doa yang dimunajatkan untuk arwah sang pahlawan yang jasadnya disemayamkan dalam pusara di lokasi Desa Paringgonan.
 
Pelaksanaan upacara penghormatan dan malam renung suci berlangsung hikmad sebagai bentuk mengenang jasa pahlawan yang membela tanah air dan berjuang di medan perang untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.
 
Melalui malam renung suci, menghormati para pahlawan kemerdekaan dan tokoh -tokoh proklamasi kemerdekaan menjadi cara meneladani sikap pahlawan dan menghargai jasanya. Tidak hanya mengenang dalam hati dan berterima kasih melain juga meneladani sikap dan perbuatan para pahlawan kemerdekaan.
 
Usai kegiatan renungan suci dan penghormatan, Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH mengatakan, pahlawan merupakan orang yang berjiwa besar, sangat berjasa terhadap bangsa dan negara serta mayarakatnya.
 
Menurutnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya karena para pahlawan rela mengorbankan hidupnya demi menjaga  dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
Upacara penghormatan dan malam renung suci turut diikuti Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika,S.I.K, Kabag Ops, Kompol Alsem Sinaga anggota DPRD Palas,Plt. Bupati Padanglawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si,MH,Sekda Arpan Nasution,S.Sos, 
 
Tampak juga, Asisten I bidang Pemerintahan, Panguhum Nasution, S.Sos, M.AP, Pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas, ahli waris lainnya dan masyarakat Desa Paringgonan.