MEDAN -  Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Graha Kirana Salsabyla Ramadhan Putri Harahap berhasil terpilih menjadi salah satu delegasi Indonesia dalam acara Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) tahun 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 12-15 Agustus 2023. AYIMUN merupakan sebuah acara simulasi konferensi PBB yang dihadiri oleh peserta dari 85 negara di Asia, yang bertujuan untuk mengakomodasi para pemuda di Asia dalam meningkatkan kemampuan diplomasi mereka. 
 
Setiap delegasi diberikan kesempatan untuk mempresentasikan satu negara terkait permasalahan yang sedang dihadapi. Program simulasi PBB ini juga didesain khusus untuk mereka yang ingin mengembangkan kemampuan public speaking dan negosiasi
 
Putri sulung dari pasangan Rahmatsyah Ramadhan Harahap SH dan Zubaidah Lubis itu mendapat kesempatan untuk bergabung mewakili negara Indonesia dengan membahas permasalahan terkait terorisme. Selama kegiatan berlangsung bahasa Inggris merupakan bahasa resmi yang digunakan. 
 
“Terpilih menjadi salah satu delegasi di AYIMUN 2023 adalah pengalaman yang luar biasa dalam hidup saya, disamping menambah wawasan mengenai isu yang sedang terjadi di dunia, bahasa Inggris yang wajib digunakan selama kegiatan berlangsung, bagaimana berpidato di depan seluruh delegasi lain dari berbagai negara di ASIA, saya juga banyak berkenalan dengan teman-teman dari Thailand, India dan lainnya," kata mahasiswi semester 3 yang akrab dipanggil Caca ini, Rabu (16/8/2023).
 
Selain Keluarga, kata Caca, dukungan yang diberikan dari kampus juga menjadi salah satu jalan bagi dirinya bisa mengikuti ajang bergengsi ini. 
 
"Tidak hanya bantuan finansial, namun juga bimbingan dari para dosen yang selalu mendampingi dalam proses persiapan sampai akhirnya saya berada di Malaysia,” sebutnya.
 
Dijelaskan Caca, pada akhir acara para delegasi diberi kesempatan untuk memperkenalkan dan bertukar budaya mereka dengan delegasi lain melalui sesi Cultural Night. 
 
“Di sini Caca sangat senang karena dapat memperkenalkan Indonesia terutama melalui pakaian tradisional kebaya,” ucapnya.  
 
Selamat dan Sukses buat Salsabyla. Seluruh Civitas Akademika mengucapkan selamat dan tetaplah semangat dalam mengukir prestasi.