Toba - Untuk pertama kali, Kabupaten Toba dan 2 desa yakni Desa Sigumpar Kecamatan Sigumpar dan Desa Sibadihon Kecamatan Bonatua Lunasi menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023 - "Komisi Informasi Sumatera Utara Award 2023".


Penghargaan Keterbukaan Informasi diatur Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Anugrah ini diperoleh bersama beberapa Kabupaten/Kota lainnya se Sumatera Utara untuk Kategori Informatif.

Penghargaan ini diserahkan Gubernur Sumatra Utara (Sumut) yang diwakili Asisten Perekonomian didampingi Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumut kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus di Aula Raja Inal Siregar Lantai 2 Kantor Gubernur Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (15/8/2023).

Atas perolehan penghargaan tertinggi dari Komisi Informasi Sumatera Utara Award 2023 ini, Bupati Toba, Poltak Sitorus mengatakan penghargaan ini dipersembahkan untuk semua jajaran Pemerintah Kabupaten Toba bersama masyarakat.

"Dengan penghargaan dari KIP Sumut ini, kita lebih semangat untuk terus berkarya mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar," kata Poltak Sitorus seusai menerima penghargaan berupa trophy dan piagam.

"Ini menunjukkan bahwa Kabupaten Toba sangat transparan mengelola dan menyajikan informasi pembangunan daerah. Yang berarti akan menambah kepercayaan masyarakat kepada pemerintah akan keterbukaan informasi dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan merata," sambungnya.

Dengan keterbukaan ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat ikut berperan memberikan kritik yang sifatnya membangun demi kemajuan Kabupaten Toba.

Sebelumnya, Ketua KIP Sumut DR. Abdul Harris Nasution, SH., M.Kn, dalam sambutannya memaparkan pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi atas penilaian yang dilakukan tim monitor dan evaluasi terhadap badan publik sesuai amanat
UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

Selanjutnya Sawaluddin dari KI Pusat menyambut baik pelaksanaan pemberian penghargaan dengan sejumlah kategori ini.

"Tujuannya untuk menciptakan clean dan good government dan sebagai alat perbaikan sistem pengawasan tata pengelolaan badan publik," katanya.

Ikut hadir mendampingi Bupati Toba, Asisten Administrasi Umum Verry S. Napitupulu, Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea.