ASAHAN - Pertanyaan yang selama ini mengguncang pikiran masyarakat Indonesia telah terjawab. Tak sedikit dari berbagai kalangan masyarakat main tebak-tebakan, kemana Partai Golkar dan PAN akan mengarah dalam pesta demokrasi Pilpres 2024?. Terdapat 3 capres yang siap tempur dalam Pilpres, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Rasyid Baswedan.
 
Ketiganya siap maju bersama koalisi masing-masing. Selama ini diketahui bahwa Ganjar Pranowo diusung PDI Perjuangan bersama PPP. Kemudian, Prabowo Subianto diusung Partai Gerindra berkoalisi dengan PKB dan Anies Baswedan diusung Partai Nasdem berkoalisi dengan Partai Demokrat serta PKS.
 
Sementara, Partai Golkar dan PAN yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sempat lama menyatakan sikap untuk memberikan dukungan, sehingga tak sedikit Masyarakat Indonesia berteka-teki.
 
Pertanyaan dan tebak-tebakan itu telah terjawab. Partai berlogo pohon beringin yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto dan Partai berlogo Matahari yang dipimpin oleh Zulkifli Hasan, telah menyatakan sikap.
 
Kedua Parpol besar ini telah resmi mendukung Capres Prabowo Subianto berkoalisi dengan Partai Gerindra dan PKB. Hal itu dibuktikan dengan adanya deklarasi yang dilakukan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).
 
Deklarasi itu langsung dihadiri Ketua Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.
 
Dengan adanya deklarasi tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan, H. Efi Irwansyah Pane langsung mengambil sikap.
 
Efi bersama Partai kebanggaannya itu langsung menegaskan siap tempur di Indonesia khususnya di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara untuk memenangkan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.
 
"Kita siap mendukung dan memenangkan Prabowo Subianto menjadi Presiden bersama Partai koalisi lainnya," cetus Efi saat ditemui Gosumut.com di Sekretariat DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan, Senin pagi (13/8/2023).
 
Selaku nahkoda di DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan, Efi akan menerapkan komitmen ini kepada jajarannya dan seluruh pengurus Partai Golkar, baik yang ada di kabupaten, kecamatan, desa hingga dusun.
 
"Tentunya kita akan mengintruksikan dan merangkul seluruh jajaran pengurus hingga kecamatan, desa dan dusun untuk bersama-sama komitmen memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres mendatang," pungkasnya.