TOBA - Rio Manalu (17), seorang remaja pelajar yang tergabung dalam rombongan Muda Mudi (Naposobulung) Gereja HKBP Pardomuan Nauli Titipapan Kecamatan Medan Deli, Medan tenggelam di Pantai Pasir Putih Parparen Kecamatan Porsea, Minggu (13/8/2023). Kapolsek Porsea AKP Daniel Aritonang di dampingi Kanit Reskrim Polsek Porsea IPDA Tarsan Simangunsong menjelaskan, informasi adanya seorang wisatawan yang tenggelam di Danau Toba diketahui berkat laporan warga.

Kemudian pihaknya turun lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Setelah berkoordinasi dengan Camat Porsea Edward Sidabutar dan Plt Kades Parparean II Ertika Sinaga,S.E.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sebutnya, bermula saat 35 orang rombongan Naposobulung dari Gereja HKBP Pardomuan Nauli Titipapan Kecamatan Medan Deli Kotamadya Medan hadir untuk berwisata di pantai Pasir Putih Parparean II Kecamatan Porsea.

Rombongan tiba sekira pukul 08.00 Wib. Setelah mengawali kegiatannya dengan sarapan pagi dilanjutkan dengan acara ibadah Minggu di lokasi wisata.

Dari informasi yang didapat lanjutnya, sekira pukul 12.00 Wib rangkaian seluruh kegiatan selesai digelar.

Kemudian ujarnya, dari keterangan beberapa saksi yang dihimpun di TKP diketahui, sekira pukul 14.00 Wib korban bersama rekannya Berkat Simanjuntak dan Yosua Lenius Sianturi, berenang dan berupaya mengejar ban/pelampung.

Dari penglihatan para saksi menyebutkan ketiganya nampak sudah kelelahan dan kesusahan untuk berenang kembali pinggir pantai. Melihat hal tersebut, pengunjung yang melihat dari tepian pantai Pasir Putih bersama rombongan gereja lainnya langsung bergegas berupaya mengejar para korban.

"Namun naas, saat itu Rio Manalu saat berupaya untuk ditolong sudah dalam keadaan meninggal dunia," ujarnya. 

Setelah ketiganya berhasil di evakuasi ke daratan tepian pantai, ketiganya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Porsea untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan medis. Dua teman korban, Berkat Simanjuntak dan Yosua Lenius Sianturi berhasil ditolong. 

Disebutkan AKP Daniel Aritonang untuk mempermudah pengurusan biaya dan berbagai administari korban di RSUD Porsea agar secepatnya di bawa pulang ke rumah duka di Medan, Kapolsek Porsea bersama Camat Porsea berupaya membantu meringankan dengan berkoordinasi dengan Direktur RSUD Porsea dr.Tommi Siahaan.