Toba - Polres Toba melalui personil jajaran di bawahnya Polsek Balige, Polsek Laguboti, Polsek Silaen, Polsek Habinsaran, Polsek Porsea dan Polsek Lumban Julu melaksanakan pemantauan dan penjagaan layanan Kamtibmas di setiap gereja gereja, Minggu (13/08/2023). Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.I.K, melalui Kasi Humas AKP Bungaran Samosir kepada www.gosumut.com menjelaskan, kegiatan ini menindaklanjuti perintah pimpinan untuk dilaksanakan setiap hari Minggu dalam layanan pemantauan dan pengamanan Kamtibmas rutin di setiap rumah ibadah.

"Kegiatan ini antisipasi dini dalam upaya pencegahan akan terjadinya berbagai gangguan Kamtibmas di lingkungan sekitar gereja, dengan harapan sebelum dan selama berjalannya ibadah hingga selesai tetap berlangsung dengan hikmat dengan kehadiran Polri ditengah tengah umat," ujarnya.

Ditambahkannya, salah satu tujuan utama kehadiran personil pada layanan Kamtibmas di rumah Ibadah (gereja) antisipasi pelayanan pengamanan kendaraan milik warga yang terparkir.sebagaimana kita ketahui banyaknya kasus Ramor yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Utara.

Dengan kehadiran personil Polri di rumah ibadah diharapkan para warga jemaat yang sedang menjalankan ibadah Minggu di dalam gereja tidak merasa khawatir ataupun was-was terhadap kendaraan maupun berbagai barang bawaan milik masing masing jemaat khusnya kendaraan yang sedang diparkir,” Pungkasnya.

Salah satu warga jemaat yang dimintai www.gosumut.com komentarnya Oppu Grace Napitupulu (68) mengatakan, kalau kita lihat selama ini di Kabupaten Toba belum ada kejadian yang sangat riskan sampai mengganggu dan menghalangi peribadahan di gereja bahkan sampai mengganggu atau mengancam kenyamanan dan keselamatan umat dan rumah ibadah lainnya seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia ini.

Namun demikian, kehadiran Polisi dalam pelayanan Kambtimas di gereja tentu sangatlah baik.walaupun tidak ada kejadian riskan di daerah kita yang mengganggu jalannya peribadahan, tentu apapun itu, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.segala sesuatu diera sekarang bisa saja terjadi.

"Kehadiran polisi dengan layanan Kambtibmasnya menunjukkan hubungan kedekatan Polri dengan masyarakat benar benar nyata dan terealisasi".ucapnya.

Ditambahkannya, dengan kehadiran mereka ditengah tengah kita disaat pelaksanaan ibadah gereja setiap Minggu tentu menambah tingkat keamanan dari berbagai tindak kejahatan yang kemungkinan setiap saat bisa terjadi.

"Seperti yang kita tau saat ini marak terjadi pencurian sepeda motor, baik yang parkir di depan rumah sendiri, di berbagai lapangan parkir bahkan dengan Begal yang terjadi dibeberapa wilayah hingga korban ada yang luka ringan, luka berat bahkan ada yang sampai kehilangan nyawa." sebutnya.

"Jadi kehadiran bapak bapak polisi ini sangatlah kita apresiasi dan kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K atas program layanan Kambtimasnya dengan menugaskan beberapa personil jajarannya di setiap gereja gereja.kehadiran mereka tidaklah mengganggu kita dan kita tidak melihat dari hal negatif, dikarenakan didaerah kita tidak pernah ada terjadi gangguan peribadahan," tambahnya.