MEDAN - Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi kegiatan Gebyar Literasi, dan berharap ke depannya bisa lebih ditingkatkan, sehingga dapat terus menumbuhkan budaya literasi di Sumut “Melihat kehadiran dan partisipasi masyarakat yang hadir, Saya selaku Ketua GPMB Sumut yakin kegiatan ini bisa menggugah semangat para peserta didik maupun masyarakat untuk meningkatkan literasinya menjadi lebih baik lagi,” ucap Nawal Lubis, saat memberikan sambutan pada penutupan Gebyar Literasi di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan Sumut Jalan Brigjen Katamso Nomor 45 Medan, Jumat (11/8/2023).

Menurut Nawal Lubis, membaca dan belajar sepanjang hayat akan membantu pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas. Karena itu, semua kalangan harus mendukung adanya kehadiran gerakan literasi seperti ini, terkhusus generasi muda di era saat ini untuk mendorong minat baca mereka.

Ke depan, Nawal Lubis berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan, sehingga peserta didik dan masyarakat mendapat ruang untuk berekspresi dan mengembangkan kemampuannya. Kepada peserta yang berhasil, Nawal Lubis juga mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih.

“Kepada yang belum berhasil jangan patah semangat, ayo terus belajar dan mengasah lagi kemampuan anak-anaku semua,” katanya, usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba yang digelar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan, Gebyar Literasi ini dilaksanakan untuk memberi ruang bagi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat untuk menyalurkan kemampuan berliterasi melalui lomba-lomba untuk meningkatkan minat baca, sekaligus mempromosikan keberadaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut kepada masyarakat.

Dwi juga menyampaikan di penutupan Gebyar Literasi 2023 ini juga dilaunching program kerja sama Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut dengan Gojek melalui aplikasi Srikandi yang terintegrasi dengan aplikasi gojek melalui fitur gosen .

“ Di penutupan hari ini kita launching aplikasi Srikandi, kita beri kemudahan bagi masyrakat Sumut yang memiliki keanggotaan perpustakaan daerah Sumut untuk peminjaman buku melaui aplikasi Srikandi, semakin praktis dan ekonomis. Tadi Ibu Ketua GPMB menekan tombol pesanan buku perdana, kami berharap melalui program ini mendorong minat baca yang semakin meningkat dan berkualitas,” katanya.

Turut hadir Inspektur Daerah Sumut Lasro Marbun, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, Area Head Sumbagut Gojek Sahli Adrianfauzi, Kepala Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Sumut dan para pecinta literasi.*