TOBA - Dalam menyambut dan memeriahkan HUT RI ke-78, pemerintah Kecamatan Silaen menggelar berbagai kegiatan lomba salah satunya, gerak jalan antar sekolah, Jumat (11/8/2023). Lomba gerak jalan diikuti 54 tim putra dan putri dari 22 sekolah tingkat SD dan 5 SMP se-Kecamatan Silaen.
 
Acara dibuka Bupati Toba Poltak Sitorus juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu dan dihadiri unsur pimpinan Forkopimca Silaen.
 
 
 
 
Camat Silaen Moses Simanjuntak menyebutkan lomba gerak jalan ini digelar untuk menyambut serta memeriahkan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023.
 
Rute lomba gerak sebutnya, dari tanah Lapangan Parbalean menuju Jl. DI. Panjaitan - Jalan SMA Negeri 1 Silaen Hutanamora - Jl. Sisingamangaraja XII ke kota Silaen dan finish akhir di depan Kantor Camat Silaen. 
 
Selain gerak jalan, panitia HUT lanjutnya juga memperlombakan senam Lansia (Lanjut Usia), Yelyel Lansia dan Tortor Batak Naraja Lansia antar desa yang diikuti 22 desa. 
 
Kemudian lomba sepak bola antar sekolah tingkat SD, lomba bola voli karang raruna antar desa, lomba tarik tambang antar pemerintah desa, fashion show, vokal grup antar sekolah SD dan SMP, make up PKK antar desa.
 
Dari semua kegiatan ini bebernya, tujuannya untuk membina dan membangun semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme kebangsaan bagi setiap warga Kecamatan Silaen, khususnya bagi kaum pelajar. Dengan harapan tetap menjaga dan memelihara kebhinekaan NKRI dalam persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa atas berbagai keberagaman yang dimiliki nusantara.
 
Sebelumnya, panitia HUT RI Kecamatan Silaen menyebutkan lomba senam lansia dan yelyel lansia serta tortor Batak Naraja lansia akan digelar selama 3 hari di kompleks halaman Puskesmas Silaen. Dimulai hari Kamis dan finalnya, Sabtu.
 
 
Sebelum meninggalkan kota Silaen, usai membuka acara, Poltak Sitorus menyempatkan diri menyaksikan lomba senam lansia yang digelar di komplek Puskesmas Silaen. Dalam kesempatan itu, ia berpesan agar para lansia harus selalu ceria dan merasa gembira serta bahagia.
 
"Bahagia salah satu resep sehat. Tentu dalam perjalanan hidup ini kita selalu diiringi berbagai masalah dalam kehidupan ini. Untuk itu bila ada masalah yang dihadapi diselesaikan dengan perlahan dan jangan dibuat menjadi beban yang sangat berat dihadapi dalam perjalan hidup ini. Ada kalanya dilupakan saja dulu, dengan tekun berdoa kepada Tuhan untuk melindungi dan memberkati kita. Rajinlah senam lansia supaya panjang umur," pesannya. 
 
Poltak Sitorus juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan para Lansia sembari menanyakan beberapa hal yang terkait dengan tindakan pelayanan yang dilakukan para Bidan Desa di Puskesmas Silaen serta menanyakan beberapa hal untuk kebutuhan para Lansia yang diwakili Rosmaida Hutagaol dari Desa Sinta Dame. 
 
"Apa permintaan mu, Inong (Ibu)?" tanya Bupati. "Molo boi nian Amang Training nami ma nian (Kalau bisa Pak, kami minta baju traininglah, Pak)," jawab Rosmaida Hutagaol spontan. 
 
Menanggapi permintaan itu, Poltak Sitorus berjanji akan mengupayakan pakaian training tersebut.