TOBA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja di Polres Toba, Jumat (11/8/2023) dalam rangka pengumpulan data penelitian pola pengamanan Polri pada Obyek Vital Nasional di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia (DPSP) Danau Toba. Kehadirannya tim Kompolnas disambut Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.I.K bersama PJU jajaran Polres Toba. 
 
Dalam sambutannya Kapolres memaparkan perjalanan dan perkembangan situasi Kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Toba dalam keadaan aman, tertib, terkendali dan sangat kondusif.
 
AKBP Taufiq menyebutkan kehadiran Kompolnas merupakan suatu kehormatan bagi seluruh jajaran personil mako Polres Toba. 
 
Ia berharap kedatangan Kompolnas di Kabupaten Toba, ke depannya layanan pariwisata di Kabupaten Toba dapat lebih meningkat lagi. 
 
"Saya berharap kehadiran Ketua Tim Kompolnas bersama rombongan bisa dihari hari mendatang bisa datang lagi  ke Toba untuk melihat dan memastikan perkembangan pariwisata di Kabupaten Toba," tuturnya.
 
Ia juga berharap dengan kunjungan kerja Tim Kompolnas ini dapat memberikan dukungan dan berbagai saran tambahan masukan untuk Mabes Polri khususnya kepada Polres Toba di masa mendatang. 
 
Terpisah Kepala Dibas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Rusti Hutapea menyampaikan ucapan  rasa syukur dan kebanggaan Pemerintah Kabupaten Toba serta berterima kasih atas kehadiran dan kunjungan kerja Kompolnas ke Kabupaten Toba. 
 
"Semoga dengan kehadiran Kompolnas di Kabuoaten Toba serta dengan data yang kami berikan kepada Kompolnas dapat mendukung peningkatan kepariwisataan di Kabupaten Toba untuk semakin lebih maju lagi kedepan," ucap Rusti.
 
Ketua Tim Kompolnas, Muhammad Dawam, S.H.I., M.H, Kompolnas melaksanakan fungsi pengawasan fungsional terhadap kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri. 
 
Tema penelitian saat ini lanjutnya, l tentang pola pengamanan Polri pada obyek vital nasional di kawasan destinasi pariwisata super prioritas Indonesia serta pengumpulan data tahun 2023 terkait SDM, Sarpras dan anggaran di wilayah hukum Polres Toba.
 
"Hari ini kami telah mendapatkan berbagai pemaparan mengenai masalah masalah yang timbul dan dihadapi di masyarakat serta bagaimana pola strategi pengamanan Polri di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) khususnya di Kabupaten Toba. Ini sangat menarik yang telah di sampaikan oleh Kapolres Toba dan Ibu Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba," ujarnya.
 
Ia berharap melalui penelitian ini dapat memberikan rekomendasi saran dan masukan, sehingga ke depan Polri dapat lebih baik dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat khusus di Kawasan Wisata Danau Toba. 
 
Usai acara digelar, Kompolnas beserta rombongan diajak Kapolres Toba dengan didampingi jajaran PJU untuk meninjau lokasi Caldera Toba Sibisa dan venue F1 H2O di lapangan Sisingamangaraja XII Muliaraja Balige.