PALAS - Dinas Kesehatan Kabupaten Padanglawas(Palas) bersama Puskesmas Sibuhuan rutin memberikan bantuan penerapan gizi seimbang ke balita gizi buruk di desa. Salah satunya, Hamdan seorang balita berusia 2 tahun, warga Desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun terus mendapat kunjungan secara rutin oleh bidan desa dan pihak Puskesmas untuk memberikan bantuan perbaikan gizi seimbang guna meningkatkan pertumbuhannya.

Kepala Puskesmas Sibuhuan, Nuralimah Hasibuan mengatakan, kunjungan kerumah balita penderita gizi buruk terus dilakukan dengan memberikan makanan pokok lengkap selama 90 hari sebagai langkah menjaga pertumbuhan anak.

"Dalam setiap kegiatan Posyandu setiap bulannya di desa, masyarakat diimbau agar menbawa balitanya untuk penimbangan dengan tujuan deteksi dini terhadap balita sakit atau tidak, serta kelengkapan imunisasi dan mendapat penyuluhan gizi," terangnya.

Ditambahkan, bantuan susu, pemberuan makanan tambahan seperti buskuit dan bahan lokal terus diberikan kepada Hamdan untuk penanganannya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Setiap ada bayi atau balita yang mengalami gizi buruk terus ditangani dengan baik oleh pihak Puskesmas Sibuhuan," kata Nurahalimah, Jumat (11/8/2023).

Ia juga mengimbau, masyarakat yang memiliki balita supaya aktif membawa balitanya ke Posyandu setiap bulannya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Posyandu selalu siap melayani masyatakat dengan baik khususnya untuk penangganan kesehatan balita agar mengetahui tumbuh kembang sianak berlangsung baik atau tidak," ucapnya.

Ditambahakan, kegiatan dalam bentuk kunjungan dan monitoring terus dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang anak sekaligus pemberian bantuan makanan dan susu untuk penerapan gizi seimbang bagi balita.

"Balita yang mengalami gizi buruk ditangani dengan baik, kalau tidak adapun BPJS tetap ditangani dan dirujuk ke RSUD Sibuhuan. Dengan biaya gratis ditanggung oleh pemerintah," pungkasnya.