PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) melepas keberangkatan Kontingen pramuka Kwarcab mengikuti kegiatan Raimuna Nasional ke-12 Tahun 2023 di halaman kantor Bupati Sigalagala Sibuhuan, Kamis (10/8/2023). Sebanyak 65 orang dari Kwarcab Pramuka Palas yang akan mengikuti pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Raimuna) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, mulai tanggal 14 - 21 Agustus 2023.

Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH mengatakan, jaga kesehatan dan kekompokan untuk meraih prestasi diajang Raimuna Nasional ke 12.

"Tunjukan kemampuan dan prestasi dalam meraih keberhasilan yang mengharumkan nama daerah khususnya gerakan pramuka," katanya.

Kata Plt Bupati, ini merupakan suatu 
 kebanggaan bagi adik -adik atas  terpilihnya  menjadi peserta untuk mengikuti Raimuna Nasional.

"Ini membuktikan bahwa kegiatan pramuka di Kwarcab Kabupaten Palas, setiap tahunnya berjalan dengan aktif," terangnya.

Dikesempatan itu juga, Plt Bupati berpesan, jaga nama baik kabupaten Palas,ikut semua rangkaian kegiatan jaga kesehatan dan pola makan dan waktu dan istirahat.

Disana nanti, lanjutnya menambah hasanah komunikasi dan persahabatan karena disana berkumpul dengan semua pramuka seluruh indonesia.

"Ikuti kegiatan dengan seksama dan baik sesuai yang diharapkab, kakak pembina selalu berkordinasi dengan Kwarcab Palas," pesannya.

Plt Bupati juga berharap, sebagai generasi muda Indonesia yang berasal dari Kabupaten Palas, para peserta bisa menunjukkan kemampuan serta budaya daerah agar bisa diketahui sampai ke kancah nasional.

"Harumkan nama daerah, jalin hubungan yang baik dengan daerah lain, karena kita semua anak Indonesia. Semoga kontingen Kwarcab Pramuka Kabupaten Palas  mendapatkan hasil yang terbaik," harap Plt Bupati.

Sebelumnya, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Palas,Zainuddin Hasibuan,S.Pd,MM mengatakan, Raimuna merupakan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seluruh Indonesia. 

Kegiatan Raimuna Nasional ini, katanya, sebagai sarana untuk memperluas persaudaraan dan mempererat keakraban melalui kegiatan yang atraktif, inovatif, progresif, dan kreatif dalam satu kegiatan perkemahan.

"Kontingen Kwarcab Pramuka Palas  yang kita berangkatkan sebanyak 64 orang peserta ditambah 9 orang pendamping,"  imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset,Hj Mahnidar Azwarni Nasution,S.Ag mengaku bersyukur peserta didik dari MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset yang mengikuti Raimuna Nasional sebanyak 6 orang yang terpilih.

Hal senada juga disampaikan, Kepala SMA N 1 Barumun, Ikhsanul Nasir Hasibuan mengatakan, peserta didiknya yang terpilih dikegiatan Raimuna Nasional ke 12 sebanyak 5 orang anggota pramuka.

Tampak hadir dikegiatan pemberangkatan dan pelepasan kontingen pramuka, Sekda Arpan Nasution,S.Sos, Kadisporapar, M.Rasyidi Hasibuan,MM, Pimpinan Cabang Bank Sumut Sibuhuan,Indra Edison, Kasatpol PP dan Damkar, Agus Saleh Saputra Daulay dan sejumlah Kepala Sekolah.