TOBA - Kecamatan Silaen mewakili Kabupaten Toba mengikuti lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test yang digelar dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Propinsi Sumatera Utara tahun 2023. Lomba IVA Test yang merupakan pemeriksaan kesehatan bagi kaum perempuan untuk menghindari atau mencegah kanker serviks, saat ini sudah masuk dalam tahap penilaian evaluasi. 
 
Tahapan evaluasi dilaksanakan Rabu (9/8/2023) di Puskesmas Kecamatan Silaen yang dihadiri pengurus TP-PKK Provinsi Sumut. 
 
Camat Silaen, Moses Silaen dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada TP-PKK Kabupaten Toba yang telah mempercayakan Kecamatan Silaen sebagai dampingan PKK Kabupaten Toba. 
 
Untuk mensukseskan IVA Test Kecamatan Silaen, seluruh tim PKK Kecamatan Silaen terus komit dan berjibaku dengan bahu-membahu melaksanakan IVA Test di Kecamatan Silaen. 
 
"Terimakasih kepada seluruh team TP- PKK Kecamatan Silaen yang telah berusaha dan melakukan sosialisasi dengan baik serta tetap proaktif mengajak masyarakat untuk mengikuti dan melaksanakan pelayanan IVA Test dip Puskesmas Silaen," ujarnya. .
 
Ketua TP-PKK Kabupaten Toba diwakili Sekretaris 1 TP-PKK Kabupaten Toba Ny.Melati Simalango mengucapkan terimakasih kepada tim TP-PKK Provinsi yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Kecamatan Silaen, untuk dapat melanjutkan kegiatan hingga tahap evaluasi Iva Test.
 
"Kami berharap semoga Kecamatan Silaen berhasil meraih juara di Propinsi nantinya," ujarnya. 
 
Perwakilan tim evaluasi dari Propinsi Sumut Deliana dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada TP- PKK Kecamatan Silaen yang dapat melanjutkan lomba ke tahap evaluasi lomba IVA Test. 
 
"Semoga acara dapat berjalan dengan baik dan hasilnya memuaskan kita semua," katanya. 
 
Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi Bupati Toba Poltak Sitorus juga memberikan dorongan semangat kepada TP-PKK Kecamatan Silaen yang telah bekerja sama dengan baik untuk mencapai hasil yang terbaik dikegiatan IVA Test yang digelar. 
 
"Apapun hasil dari perlombaan IVA Test kedepannya, intinya kita TP-PKK Kabupaten Toba dan TP-PKK Kecamatan Silaen telah memberikan usaha yang terbaik.yang paling penting dan tujuan utama kita adalah ibu-ibu di Kecamatan Silaen sehat semuanya," sebutnya. 
 
Bupati Toba, Poltak Sitorus menyampaikan kesehatan adalah hal paling penting dan yang utama bagi kita semua secara khusus bagi semua kaum perempuan. 
 
"Yang terpenting semua wanita di sini sehat -sehat, untuk itu perlu menjaga pola makannya setiap hari," ujar Poltak Sitorus. 
 
Terpisah Kadis Kesehatan Kabupaten Toba,dr.Freddi S.Sibarani  kepada wartawan mengatakan hasil yang dicapai berkat kerja keras TP-PKK didasari dengan jalinan komunikasi kerja sama ang baik dengan berbagai pihak terkait.
 
Untuk capaian pemeriksaan IVA Test di Kecamatan telah mencapai target  lebih dari 100%, ungkapnya.