Toba - Tim Evaluasi Pokja 2 TP-PKK Propinsi Sumatera Utara hadir di desa Balige II Kecamatan Balige Kabupaten Toba Rabu, (9/8/2023) untuk melakukan penilaian dan monitoring. Kehadiran tim evaluasi dari Pokja 2 TP-PKK Propinsi Sumatera Utara diterima langsung oleh ketua TP PKK Kabupaten Toba dan jajaran pengurus bersama Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Dipenilaian dan pemantauan Pokja 2 TP-PKK Propinsi Sumatera Utara, PKK Desa Balige II menampilkan berbagai aneka usaha keluarga terutama di bidang kuliner dan kerajinan tenun.

Sesuai hasil penilaian PKK Propinsi Sumut, desa Balige II Kecamatan Balige Kabupaten Toba sebagai desa binaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Toba berhasil dan lolos menjadi nominator peserta lomba tingkat Propinsi Sumatera Utara (Sumut) di kategori UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2023.

Sebelumnya Ketua TP PKK Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan, sesungguhnya hal paling penting dalam perlombaan yang digelar adalah untuk membina peningkatan kemampuan kaum ibu dalam upaya melakukan perubahan dan kemandirian untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Semoga nanti Ibu Bida Sari dari PKK Prop.Sumatra Utara berkenan memberikan nilai terbaik untuk Desa Balige II dari berbagai kerajinan yang ditampilkan.namun hal terpenting bukan soal nilainya, tetapi perubahannya.

Ditegaskannya, "Intinya ada perubahan dan kemajuan, hingga kemandirian," tegas Nyonya Rita Marlina Poltak Sitorus Ketua TP PKK Kabupaten Toba.

Ketua Pokja II PKK Sumut, Dra.Bida Sari,M.Pd mengatakan, dari hasil pengamatan dan penilaian kami terlihat sudah banyak perubahan yang terjadi di Desa Balige II dari sejak tahap monitoring hingga masuk tahap evaluasi.sebutnya.

Diakuinya, "Dari sejak kami melakukan monitoring hingga saat ini jelas kami melihat banyak perubahan. progesnya sangat baik dan sangat positif".

Kita berharap nanti setelah lomba ini kegiatan UP2K tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi harus terus dikembangkan.supaya semakin banyak mitra kerja yang bisa diajak untuk bekerja sama.dengan demikian kesejahteraan masyarakat akan meningkat. ujar Ketua Pokja II PKK Sumut, Dra. Bida Sari, M. Pd didampingi Sekretaris Pokja II PKK Propinsi Sumut, Dra. Azizah Lubis MM.

Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutan dan amanahnya menyampaikan, untuk kedepan akan memerintahkan seluruh OPD, khususnya Dinas Perindagkop untuk mendukung sepenuhnya UP2K agar dapat terus meningkatkan pendapatan keluarga.

“Kita akan terus bantu melalui semua OPD, terutama Perindagkop untuk terus membantu program ini,” ujarnya.

Dalam penampilan PKK Desa Balige II dihadapan Pokja II PKK Sumut menampilkan berbagai produk hasil olahan sendiri seperti tape, keripik dan rempah rempah hasil usaha kebun sendiri dan kerajinan seperti Ulos/Selimut dan Ulos Batak yang merupakan hasil tenunan sendiri serta menampilkan fashion show yang diperankan oleh anak-anak -anak.