MEDAN - Dr Bahdin Nur Tanjung SE MM menerima Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek pengangkatan Guru Besar, di Aula Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut, Jalan Sempurna, Setia Budi Medan, Senin (7/8/2023). SK tersebut diserahkan Kepala LLDikti Wilayah I Sumut  Prof Drs. Saiful Anwar Matondang MA PhD. Bahdin yang merupakan Lektor Kepala pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini berhak dinaikkan jabatannya jadi Guru Besar dengan SK Mendikbudristek Nomor 34713/M/07/2023 tertanggal  25 Juli  2023.

Prof Saiful dalam sambutannya mengatakan, perolehan jabatan Guru Besar itu diterima Bahdin di bidang ilmu manajemen pendidikan dengan angka kredit 874,02.

"Jadi terhitung mulai tanggal 1 Juni 2023 Bahdin Nur Tanjung berhak dinaikkan jabatannya menjadi Guru Besar, yang ke 80 di lingkungan LLDikti Sumut," ungkap Prof Saiful.

Prof Saiful berharap Prof Bahdin Nur Tanjung selain aktif meneliti dan membuat buku juga terus mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional scopus dan jurnal bereputasi. 

Sementara Prof Bahdin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala LLDIKTI Wilayah I dan jajaran yang telah membantu mengurus dan terus mendorongnya agar bisa menyelesaikan semua syarat-syarat guna mendapatkan gelar Guru Besar.

Ia juga mohon dukungan dalam mengemban amanah sebagai guru besar agar sukses menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat di bidang tridharma perguruan tinggi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala LLDikti dan semua pihak yang telah membantu sehingga meraih jabatan guru besar ini,” kata Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Sumut ini.

Dia menyatakan komit melakukan pengabdian dan pengajaran serta penelitian dan membuat karya ilmiah.

Dengan pangkat akademi tertinggi  yang diraihnya ini, kata Bahdin sebagaimana saran dari Kepala LLDikti Wilayah I Sumut, banyak persoalan pendidikan yang menjadi objek penelitian.

Dengan kondisi ini akan memberi kesempatannya dan bergabung dengan beberapa peneliti muda melakukan kajian- kajian masalah manajemen pendidikan di indonesia.

"Kita menyadari saat ini dunia pendidikan masih banyak persoalan yang sedang dihadapi. Dengan anggaran yang tinggi 20% APBN dan APBD yang setelah terserap dalam beberapa tahun terakhir ini nampaknya belum mampu mengangkat keberadaan dunia pendidikan kita menjadi lebih baik," ujar Bahdin.

Menurutnya itu menjadi salah satu tantangan sebagai guru besar dalam bidang manajemen pendidikan.

Diakuinya saat ini memang masih terjadi ketimpangan antara proses pendidikan di tingkat dasar,  menengah dan tingkat pendidikan tinggi yang berbeda-beda antara wilayah, sehingga hal ini menimbulkan persoalan.

Karena itu perlu bekerjasama dengan berbagai peneliti lain dan tokoh pendidikan untuk mencari solusi bagaimana mengatasi ketimpangan tersebut.

Penyerahan SK Guru Besar itu diberikan Kepala LLDikti Wilayah I Sumut  Prof Drs. Saiful Anwar Matondang MA PhD kepada perwakilan BPH UMSU, Dr Hasrudy Tanjung yang selanjutnya menyerahkan kepada Prof Bahdin Nur Tanjung SE MM.