PALAS  –Plt  Bupati  Padanglawas (Palas) secara resmi membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke IV  DPD KNPI Palas, Minggu (6/8/2023) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan. Kegiatan Musda ini dalam rangka  peningkatan kapasistas pemuda dan organisasi kepemudaan Kabupaten Palas kedepan. 

Musda ke IV DPD KNPI mengusung tema “Pemuda Energi lahirkan pemikiran kreatif dan inovatif membangun Padanglawas".

Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH mengatakan, KNPI sebagai organisasi kepemudaan tertua diharapakan dapat mencetak kader kader pemimpin baru yang unggul dan inovatif, khususnya di  Kabupaten Palas ke depannya.

Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan menghadapi kontestasi poltik nasional, sehingga menguras pemikiran dan lain di masyarakat. Saat ini, para pemuda menjadi rebutan dan buah bibir dalam keikut sertaan dalam konteks berpolitik.

Ia berharap, energi membutuhkan daya sebuah kekuatan digunakan untuk mencapai tujuan dengan berbagai banyak faktor.Oleh karena itu, ia pun mengajak merapatkan barisan untuk mencapai tujuan.

Selesai Musda ini, diharapkan pengurus DPD KNPI Palas cepat bekerja dan menbangun kolabrorasi untuk mewujudkan karya yang memberi dampak positip bagi kemajuan daerah.

"KNPI ini adalah organisasi yang mencetak kader-kader pemimpin. Sebagai organisasi tertua KNPI yang kreatif  dan inovatif diharapkan lebih bijak dan tidak terbawa oleh hal hal negatif," kata Plt Bupati.

Ia berharap, dengan melalui tema musda ini dapat melahirkan pemuda yang kreaktif dan inovatif dalam mewujudkan Kabupaten Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).

Menurut Plt Bupati, jika ada saran dan pendapat silakan komunikasikan dengan pemuda, jaga koordinasi dan komunikasi yang baik untuk mencapai suatu keputusan yang baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Musda,Amir Husin  Daulay dalam laporannya menyampaikan, pendaftaran calon ketua DPD KNPI Palas berdasarkan hasil rapat pimpinan daerah KNPI Palas batas akhir sampai pukul 00.00 WIB, Sabtu (5/8/2023) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Dikatkan, tujuan dari kegiatan Musda ini adalah terciptanya peran organisasi kepemudaan dalam pembangunan yang melahirkan pemikiran kreaktif dan inovatif.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah terwujudnya peran serta organisasi kepemudaan dalam pemberdayaan dan pengembangan pemuda dalam pembangunan untuk peningkatan kapasitas pengelolaan manajemen organisasi yang kreaktif, inovatif, maju, mandiri dan profesional,” katanya. 

"Terima ksih kepada semua stakhoker yang ikut berpartisipasi dalam memsukseskan Musda DPD KNPI Ke IV Padanglawas ini," ujar Amir Husin.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 28 peserta yang berasal dari organisasi kemahasiswaan dan  organisasi pemuda, 17 organisasi ditambah dukungan dari 11 pimpinan KNPI Kecamatan se Kabupaten Palas.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Palas, Irham Habibi Harahap,M.Pd mengatakan, lahir kemerdekaan Indonesia, tidak terlepas dari peran penting  pemuda.

Menurutnya, kebersamaan  kolaborasi pemerintah dan pemuda terus berperan aktif dalam  penanggulangan Covid -19.

"Tongkat estafet kepemimpinan ini,saya serahkan kepada regenerasi guna untuk mewujudkan pemuda yang enerjik dan intelektual dengan pemikiran yang inovatif dan kreatif," ujar Irham Habibi.

Ditambahkan, KNPI bisa melahirkan para tokoh dan pemimpin yang andal dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di  daerah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD KNPI Provinsi Sumut, Samsir Pohan diwakili Sekretaris Umum, Ansor Harahap menyampaikan, pemuda memiliki potensi masing -masing dalam pemikiran yang postip dalam mendukung kemajuan daerah.

"Musda ini dapat melahirkan kepemimpinan yang memiliki visi untuk membawa kemajuan karena saat ini memasuki tahun demokrasi," katanya.

Ia juga menambahkan, pihaknya berharap kepada Pemda terus berkolaborasi dengan pemuda dalam mewujudkan Kabupaten Palas yang Bercahaya.

“Kami ingin, Musda ini melahirkan pemimpin yang memiliki kemampuan untuk membawa perubahan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Ansor.

Lebih lanjut ia berharap, generasi generasi pemuda yang unggul akan lahir di Kabupaten Palas  untuk mendukung program pemerintah tentunya bersama sama berperan dengan porsinya untuk pembangunan daerah.

“Harapan kami kedepan, akan lahir generasi generasi pemuda yang unggul dan maju dalam membangun Kabupaten Palas kedepan,” katanya mengakhiri.

Tampak hadir dikegiatan Musda, Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika,S.I.K diwakili Kasat Intel, AKP Sahala Harahap,Pimpinan OPD Pemkab Palas, Ketua DPD KNPI Padanglawas Utara, Tapanuli Selatan dan Labuhan Batu Selatan, Organisasi Kemahasiswaan serta Organisasi Kepemudaan.