TOBA - Dua tim supervisi dan monitoring dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba hadir dalam penilaian desa Binaan, di Kecamatan Siantar Narumonda Jumat, (4/8/2023). Untuk Tim Supervisi dan Monitoring Desa Binaan di Desa Narumonda I dipimpin Ny.Riama Audhy Murphy Sitorus boru Nainggolan sedangkan di Desa Siantar Stiotio dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus.

Ny.Riama Audhy Murphy Sitorus boru Nainggolan menyampaikan, kedatangan tim supervisi ini merupakan tindak lanjut program TP PPK Kabupaten Toba dalam upaya peningkatan peran serta pemerintahan desa dalam upaya pelayanannya kepada masyarakat.

"Hal ini juga sebagai contoh dan pendorong semangat bagi desa lainnya untuk di kedepannya bisa terpilih menjadi desa binaan," ujarnya.

Ditambahkannya Program Desa Binaan merupakan salaah satu program pengabdian masyarakat dan MBKM/UNJ yang bertujuan meningkatkan ketahanan hidup perdesaan baik dari segi ekonomi, Kesehatan, Kepmudaan, Pendidikan maupun hal yang lainnya.

Program ini didesain dengan penerapan ipteksdalam menjawab berbagai kebutuhan dimasyarakat.

Sementara itu di tempat terpisah, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus menyampaikan, Desa Binaan ini bertujuan untuk membina desa beserta masyarakatnya untuk dapat memgembangkan kekayaan alam lokal di desa tersebut.

Untuk target dalam program Desa Binaan adalah, pembinaan desa dengan beberapa sasaran target kedepannnya yang tentunya diperoleh dengan hasil kerja sama antar masyarakat, pemerintah desa dan perangkat desa, PKK Desa serta beberapa lembaga dan elemen lainnya dimasyarakat sebagai pemerhati pembangunan.

Camat Siantar Narumonda Evendi Marpaung,ST kepada www.gosumut.com menyebutkan, Kecamatan Siantar Narumonda terdiri dari 14 Desa, dan terpilih 2 desa menjadi desa Binaan dalam beberapa program kategori Desa Binaan.

Desa binaan Pertama adalah Desa Narumonda I degan kategori Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak dan Remaja dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga.untuk desa ke Dua adalah Desa Siantar Sitiotio degan kategori Tertib Adminitrasi Hatinya PKK dan IVA Test.

Evendy menegaskan, Dalam program desa Binaan ini, Pemerintah Desa harus didukung penuh oleh masyarakat desanya beserta kelembagaan pemerintahan desa tersebut.

Kelembagaan di Pemerintahan Desa berperan aktif dalam penyelenggaraan dan pelayanannya terhadap masyarakat sebagaimana tupoksi pemerintahan, salah satunya juga termasuk keberlangsungan kegiatan PKK di desa secara khusus di seluruh desa di se Kecamatan Siantar Narumonda..

Dengan program Desa Binaan di Kecamatan Siantar Narumonda Kita tetap komit dan berupaya semaksimalnya untuk mencapai sasaran target yang dicanangkan.tentunya semua bisa dicapai dengan jalinan komunikasi dan kerja sama yang baik antar semua lini yang tergabung serta terlibat didesa, demikian juga dengan pihak Pemerintah Kecamatan.

Pihaknya berharap Desa Binaan Kecamatan Siantar Narumonda ini bisa mencapai sasaran target yang telah diprogramkan dan kelak bisa berhasil meraih juara di tingkat Kabupaten.