PALAS - Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar donor darah dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke 78 bekerjasama dengan mengandeng  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Padanglawas (Palas). Kegiatan donor darah tersebut berlangsung di pelataran Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut.

"Kegiatan donor darah ini bertujuan sebagai wujud kepedulian yang ditujukan dalam membantu PMI dan pasien yang memerlukan tranfusi darah di wilayah Kabupaten Palas," kata Kepal Rutan Klas II B Sibuhuan, Elizama Gori, SH di dampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi T.Halomoan Sinaga, SH, Kamis (3/8/2023).

Dikatakan, kegiatan donor diikuti oleh seluruh pegawai Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut untuk bertisapasi di aksi sosial tidak hanya baik bagi penerima donor namun juga sehat bagi pendonor.

Elizama Gori menjelaskan, kegiatan ini atas kolaborasi dan sinergitas antara Rutan dengan pihak PMI Kabupaten Palas.

“Alhamdulilah,dengan kerjasama ini, kegiatan aksi sosial donor darah berjalan baik dan berkotribusi untuk masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Lanjut Elizama, dikegiatan donor darah dilandasi sukarela petugas dan pegawai Rutan ikut mendonorkan darah.

Ia menambahkan, sebelum mendonorkan darah, pendonor akan melewati beberapa tahapan seperti tahap registrasi dengan mengisi kuisioner dan tahap pemeriksaan (pengukuran berat dan tinggi badan, pemeriksaan kadar hemoglobin, dan pemeriksaan golongan darah bagi pendonor oleh petugas medis PMI.

Pendonor yang dinilai baik dan bisa mendonorkan darahnya,sambungnya sakan diarahkan untuk ketempat pengambilan darah oleh petugas medis dari PMI Kabupaten Palas.

Ketua PMI Kabupaten Palas,Harjusli Fahri Siregar, S.STP didampingi Sekretaris, Zainuddin Hasibuan, S.Pd.MM mengatakan, kita mengapresiasi pihak Rutan dalam menjalin sinegitas dengan pihaknya dalam kegiatan aksi donor darah dalam rangka HDKD ke 78.

Hasil kegiatan donor darah bakti sosial HDKD ke 78 didapatkan jumlahnya 7 kantong darah yang terdiri dari berbagai jenis golongan darah seperti golongan darah 0 sebanyak 3 kantong, golongan darah B sebanyak 2 kantong dan golongan darah A sebanyak 2 kantong.

Kepala Pegamanan Rutan (KPR) PH.Marpaung, SH ditemui saat mendonorkan darahnya mengatakan, kegiatan sosial donor darah, terutama saat HDKD seperti ini jadi momentum kepedulian dengan sesama.

Ia menambahkan, sangat senang telah berhasil mendonorkan darahnya, tetapi ada peserta lainnya tidak bisa mendonorkan darahnya dikarenakan hemoglobin yang tinggi.