LABUHANBATU - Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, didampingi ketua dua bidang kesehatan PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Devi Mawar Hasan Heri Rambe, para kepala OPD, Camat Rantau Selatan Ade R. Siregar, Lurah Ujung Bandar Azhar SH, Kader PKK Kecamatan dan Kelurahan menyambut kedatangan tim evaluasi PKK provinsi Sumatera Utara bersama OPD terkait di kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Tahun 2023 Rabu 02/8/2023. Kehadiran tim evaluasi PKK Sumatera Utara ke Kabupaten Labuhanbatu dalam agenda suvervisi Desa/kelurahan pelaksana lomba tertib administrasi PKK, PAAR, UP2K, Hatinya PKK dan Iva Test.

Dalam bimbingan dan arahanya Wabup sebelumnya mengucapkan Selamat datang kepada tim evaluasi lomba beserta seluruh rombongan, yang telah meluangkan waktu ke kabupaten Labuhanbatu dalam rangka evaluasi kegiatan pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Selain itu, Wabup juga menyampaikan apresiasi kepada segenap tim penggerak PKK Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten yang telah banyak membantu pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui kegiatan 10 program pokoknya.

"Peran PKK untuk mendukung jalannya program pembangunan pemerintah daerah sangat penting TKK bisa menjadi garda depan dalam mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat, PKK juga mempunyai kemampuan membuat berbagai program kebijakan yang terkait dengan program pemerintah dan melakukan inovasi kegiatan melalui partisipasi, pemberdayaan keluarga dan masyarakat dan melakukan supervisi, monitoring, dan evaluasi kegiatan," ucap Wakil Bupati Labuhanbatu.

Hari ini kegiatan lomba dalam rangka AKG PKK memasuki tahap akhir yaitu evaluasi oleh tim penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara beserta opd terkait, hal ini tentunya merupakan suatu kebanggaan atas apa yang telah dilakukan oleh PKK sejak supervisi monitoring sampai tahapan evaluasi adalah kerja keras kita semua.

Di akhir bimbingan dan arahannya, Wakil Bupati berharap kepada seluruh tim penggerak PKK di semua tingkatan serta kepada jajaran kiranya dapat memanfaatkan dan belajar dari setiap program yang ada, dengan tetap bekerja sama, berkoordinasi, berkonsultasi serta berkolaborasi dengan tim pembina PKK serta pihak terkait khususnya dalam bolo Labuhanbatu.

Sementara Ketua dua bidang kesehatan PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Devi Mawar Hasan Heri Rambe melaporkan pada dasarnya pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK di desa atau kelurahan tetap secara rutin berjalan dan pembinaan tetap dilakukan sesuai dengan sistem rentang kendali 1,3,6,9 dan 12, dengan demikian pembinaan dilakukan oleh Kabupaten kecamatan dan desa kelurahan untuk memberhasilkan 10 program pokok PKK dapat terlaksana dengan baik.

Menurut Devi, sebagai implementasi dari 10 program pokok PKK untuk pelaksanaan 5 lomba dalam rangka Hari kesatuan gerak PKK tahun 2003 kami berupaya semampu mungkin melakukan supervisi monitoring dan evaluasi secara berjenjang di 75 desa dan 23 Kelurahan secara bertahap dan telah dibina oleh masing-masing kecamatan selama 2 tahun.

Tercapainya keberhasilan sampai tahapan evaluasi pada hari ini adalah merupakan kerja keras dan partisipasi kita semua khususnya para kader-kader PKK ibu-ibu kelompok dasawisma yang begitu antusias mengikuti kegiatan lomba ini dan mereka ini adalah merupakan ujung tombak untuk mendukung dan memperhatikan kelancaran dan suksesnya program-program PKK karena mereka adalah merupakan akar rumput PKK.

Di akhir laporannya Devi mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim evaluasi produksi Sumatera Utara yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten labuhan batu untuk dievaluasi pada hari ini.semoga Kabupaten Labuhanbatu dapat menjadi pemenangnya.

Dikesempatan yang sama ketua 2 bidang pendidikan dan keterampilan Ny. Mahrani Hasban Batubara menyebutkan, rangkaian kegiatan ini merupakan sebuah keistimewaan dan kebanggaan bagi daerah berprestasi karena mampu mencapai tahap evaluasi setelah bersaing ketat untuk lolos masuk nominasi hasil monitoring yang telah terlaksana dengan baik dan ketat untuk menentukan posisi tujuh besar kategori Kabupaten dan posisi 3 besar kategori Kota.

"Persaingan untuk menjadi yang terbaik adalah suatu tantangan yang menarik untuk dihadapi dalam rangka mengukur dan menimbang tingkat kualitas dari program kerja yang telah dilaksanakan sehingga keseimbangan antara perencanaan pelaksanaan pengawasan serta evaluasi dapat teranalisa dengan baik cermat dan terukur," ujarnya.

Penting untuk diperhatikan bahwa pada tahap evaluasi tahun ini hanya menentukan peringkat juara 1 sampai 3 dan harapan 1 sampai 4 untuk Kabupaten serta peringkat juara 1 sampai 3 untuk kota dari masing-masing jenis lomba.

Untuk itu laksanakan yang terbaik untuk menjadi yang terbaik namun jangan jadikan kejuaraan sebagai akhir segalanya mari sejahterakan keluarga dan berdayakan segala potensi yang dimiliki serta minimalkan berbagai masalah yang ada demi PKK Jaya dan Sumut bermartabat. Pungkas Mahrani.

Ditambahkan Ny. Dra. Bida Sari Daulay M.Pd, ketua Pokja 2 provinsi Sumatera Utara, juara dalam perlombaan bukanlah tujuan utama dari kegiatan ini, namun peningkatan sumber daya manusia menjadi pokok terpenting yang harus di capai, jika Labuhanbatu mensajikan yang terbaik maka kami akan memberikan nilai yang terbaik.ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri ratusan tamu undangan tersebut dirangkai dengan penampilan tari persembahan, pertunjukan vokal suara dari anak berkebutuhan khusus dan tuna rungu SLB Rantauprapat, pertunjukan drama dari kelurahan ujung bandar, dan pertunjukan dari duta baca terkait asal usul ikan terubuk.