TOBA - Sebagai wujud nyata upaya pemberantasan serta memutus rantai peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K, menggelar tes urine dadakan kepada seluruh jajaran personilnya, Selasa (1/8/2023). Test urine ini digelar usai pelaksanaan apel pagi ini, sebanyak 17 personel Polres Toba dipilih secara acak untuk mengikuti tes. Hal ini dilakukan untuk mendukung operasi penegakkan tata tertib dan disiplin anggota Polri dijajaran Polres Toba. 

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik, melalui Wakapolres Toba AKBP Lamin S.Pd kepada wartawan menjelaskan, pada prinsipnya kegiatan ini menindaklanjuti program prioritas dari Kapolda Sumut yang menegaskan seluruh jajaran personil Polri jajaran Polda Sumut harus bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Seluruh jajaran dengan tegas diperintahkan dalam upaya pengungkapan serta penangkapan berbagai jaringan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di wilayah Polda Sumut. Sesuai dengan undang undang tentu untuk penanganan korban dari penyalahgunaan narkoba dilakukan sesuai ketapan prosedur yang telah ada.

"Untuk yang positif akan kita beritahukan kemudian tapi mudah mudahan 2/3 dari  yang kita lakukan pemeriksaan dinyatakan negatif," ujarnya. 

Ia menegaskan, jika ditemukan personil yang dinyatakan positif akan diberikan tindakan dan disidangkan sesuai kode etik Polri. Sedangkan untuk penanganan dan pemeriksaan etika dan disiplin akan dilakukan Propam sejauh mana pelanggaran disiplin dan masuk kode etik yang dilanggar. 

AKBP Lamin,S.Pd dalam kesempatan tersebut mengimbau seluruh lapisan elemen di masyarakat untuk tidak ragu memberikan informasi terkait aktifitas personil Polri yang bermain main dengan narkoba ini.

"Kita tidak anti akan kritik dan berbagai informasi yang di berikan masyarakat. Apabila ada masyarakat melihat di sekitar lingkungannya ada aktifitas yang mencurigakan seperti penyalahgunaan narkoba, silahkan segera hubungi kami atau Polsek terdekat," pungkasnya.

Test Urine dadakan ini juga diikuti Kasat Narkoba Polres Toba AKP Yugun Sibagariang, Kasi Propam Polres Toba AKP S Sijabat, Kasi Humas Polres Toba AKP Bungaran Samosir, Kabag Sunda Kompol B Simarmata, para Kapolsek sejajaran Polres Toba, Kabag Ops Polres Toba Kompol Jhony A Siregar dan seluruh jajaran personil Polres Toba lainnya.