PALAS - Kabupaten Padanglawas (Palas) meraih 7 penghargaan dan apresiasi di puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 tingkat Provinsi Sumut yang dipusatkan di Kampung Ulos Desa Lumban Sui-Sui, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (29/7/2023). Ketujuh penghargaan tersebut antara lain, Juara Umum Pelayanan KB Terbaik Sejuta Akseptor, terbaik I dalam Pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Harganas ke 30 Tahun 2023 kategori Laporan New Siga.

Terbaik I dalam Pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Harganas ke 30 Tahun 2023 Kabupaten/kota terbaik berdasarkan total pelayanan KB tingkat Provinsi dan Terbaik I dalam Pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Harganas ke 30 Tahun 2023 Kabupaten/kota terbaik berdasarkan pelayanan KB MKJP tingkat Provinsi.

Juara 3 cakupan pengisian KKA terbanyak tingkat Provinsi Sumatera Utara periode Mei s/d juni 2023, Terbaik III cakupan Laporan Pelayanan KB New Siga dan Penghargaan terbaik III, TPPS terbaik Technical Asisstant Satgas Stunting Kabupaten/Kota dengan kriteria kolaborasi terbaik kepada Ahmad Syarifuddin SH.I.

Plt. Bupati Padanglawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, MH mengatakan, di momentum puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, Kabupaten Palas berhasil meraih Juara Umum Tingkat Provinsi Sumatera Utara Pelayanan KB Serentak sejuta akseptor.

Dikatakan, penghargaan tersebut diberikan
langsung Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di lokasi kegiatan Harganas ke 30 yang dipusatkan di Kabupaten Samosir.

"Kabupaten Padanglawas menggondol 7 piagam penghargaan dan apresiasi lainnya pada Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stanting dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara," terangnya.

Plt Bupati Palas menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada perwakilan BKKBN Provinsi Sumut atas kepercayaan dan penilaian yang baik kepada Pemkab Palas.

Prestasi penghargaan yang diraih ini, lanjutnya, merupakan kerja keras dan cerdas dari seluruh tim yang terlibat pada program kependudukan dan keluarga berencana khususnya penanganan stunting yang telah mengharumkan nama Kabupaten Palas.

“Saya bangga dan berterima kasih kepada kawan kawan tim yang terlibat dalam capaian ini. Kedepan diharapkan dapat lebih kompak dan terus berkomitmen mendukung program percepatan dan pencegahan stunting yang merupakan program prioritas pemerintah," ujar H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Ia menambahkan, penghargaan dan apresiasi, tidak akan diperoleh tanpa dukungan masyarakat.

Seperti ungkapan yang pernah disampaikan
Wakil Presiden RI, Bapak Ma’ruf Amin pada Harganas ke 30 di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan beberapa waktu yang lalu,bahwa keluarga adalah miniatur negara.

Plt Bupati juga berpesan kepada seluruh stakholder yang terlibat dalam program keluarga berencana dan penurunan stunting bahwa keluarga yang hebat, cikal bakal bangsa yang hebat.

"Untuk itu mari kita perkokoh peranan keluarga untuk membentuk generasi berprestasi, kuat dan hebat agar bangsa kita makin hebat kedepannya," ajaknya.